MULTITASKING

.
Mengerjakan beberapa macam pekerjaan dalam satu kurun waktu tertentu, sekaligus.  Paralel.

Banyak orang mengatakan bahwa wanita itu, pada umumnya relatif mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam hal multy tasking.  Contohnya ? Tidak usah jauh-jauh.  Rekan kerja satu ruangan saya, ada dua orang.  Dan kebetulan dua-duanya adalah seorang wanita.  Bu Sus dan Bu Ay.  Mereka berdua sangat piawai dalam mengelola dua tiga empat pekerjaan kantor sekaligus dalam satu kurun waktu tertentu.  Not to mention, kadang kala satu dua kali mereka sempat pula menelfon ke rumah, untuk mengontrol urusan domestik rumah tangga masing-masing.  Mulai dari urusan sekolah anak, mengatur kendaraan, reparasi beberapa peralatan rumah tangga, perbaikan rumah, bayar ini-itu, urusan perbankan dan sebagainya.  Saya salut pada mereka.

Bagaimana halnya dengan saya ?
Terus terang saja.  Saya bukan tipe orang yang bisa multitasking.  Saya selalu saja mengalami kesulitan jika harus mengerjakan dua tiga empat pekerjaan sekaligus.   Terutama jika saya sedang memimpin kelas.  Jika saya sedang memfasilitasi training atau yang sejenisnya.  Saya paling tidak bisa disela. 

Biasanya jika ada pekerjaan lain yang menyusul di sela-sela saya memberikan training.  Saya selalu meminta penjadwalan ulang atau meminta keringanan untuk mengerjakan urusan pekerjaan tersebut setelah saya selesai memberikan training.  Konsentrasi saya sering kali buyar jika di tengah memberikan training, saya mendapatkan tugas untuk memfollow up hal-hal yang lain.

Yang namanya tugas pasti saja akan selalu datang.  Saya tidak bisa menolaknya.  Ini tantangan bagi saya.  Sudah selayaknya saya harus terus mengasah kemampuan untuk bisa memanage waktu dengan baik.  Belajar untuk bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus secara paralel.  Juga membiasakan diri membagi perhatian dan fokus yang sama untuk beberapa pekerjaan yang lain tersebut.  Tanpa mengorbankan perhatian dan fokus saya ke kelas yang sedang saya ajar.

Saya harus latihan dengan melakukan dua tiga tugas yang sederhana dulu.  Juga mulai latihan untuk mendelegasikan beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang lain.

Bagaimana dengan anda ?
Apa anda seorang yang Multitasking ?
Terutama Ibu-ibu … ?
Bisa sharing pengalamannya disini ?

Salam saya

social network

Dani

Kalo dulu jaman masih jadi officer frontliner di bank saya biasa multitasking Om. Sering bukain rekening sambil kontrol transfer uang keluar sambil kliring dan sebagainya. Semakin kesini kemampuan multitaskingnya semakin berkurang. Kodratnya laki-laki kali ya Om? *haiyah bawa-bawa kodrat*
Dani recently posted..(Bukan) Panggilan SayangMy Profile

ded

Kalau saya pada saat-saat tertentu iya Om, cukup sering tapi tidak selalu.
Biasanya saya mengandalkan catatan untuk mengerjakannya (karena saya orangnya suka lupa Om), untuk berpindah dari satu topik ke topik lainnya, terus kembali lagi ke topik sebelumnya. Mengatur skala prioritas mana yang harus didahulukan dll …. 🙂
ded recently posted..JAKARTA – GORONTALO – JAKARTAMy Profile

kakaakin

Saya…saya…!
Kalau saya gak mau bawa pulang kerjaan, saya biasanya ngerjain laporan di sela-sela melayani pasien.
Kalo pasien banyak, alamat saya harus lembur di rumah 🙁
kakaakin recently posted..Di Ujung KenanganMy Profile

niqué

sayaaaa …
udah biasa multitasking
otak ini rasanya dipenuhi banyak radar
ngerjain ini dan itu sekaligus ..
pun masih ditambah mulutnya nyang nyeng nyong hehehe
suami sering takjub liat istrinya kok bisa kayak gitu
sementara suami sih seperti laki2 pada umumnya, cuma bisa ngerjain 1 per 1.
niqué recently posted..Pahlawan Dunia Senyap Telah PergiMy Profile

vizon

Kalau sambil blogwalking memberi penilaian, trus sempat-sempatnya update status di facebook dan berkicau di twitter, gimana Om? Apakah termasuk multitasking juga? hehe.. 🙂

Dalam beberapa kegiatan saya terpaksa harus multitasking, Om. Meski sesungguhnya saya lebih suka mengerjakan satu persatu. Namun, tuntutannya memaksa saya harus bisa, dan alhamdulillah bisa, meski lama-lama capek sendiri.. 🙂
vizon recently posted..the power of weMy Profile

Shohibul Kontes Unggulan Indonesia Bersatu

Itulah sebabnya mengapa working group umumnya mengerjakan tugasnya di hotel atau tempat yang jauh dari kantor/instansinya. Soalnya, kalau Pokja melakukan kegiatan di kantornya pasti masih diponggal-panggil oleh bosnya. Jadi ribet deh.

Kita mau bilang ” Kami sedang ikut pokja bos “, pasti bos akan bilang ” Ini dulu kerjakan, ini lebih penting dari pokjamu itu ”

Waktu kami sedang patroli kota di Windhoek~Namibia, bos panggil2 suruh kami merapat ke sebuah unjuk rasa buruh. Ketika saya katakan bahwa sedang patroli, si komandan bilang dengan enteng ” Do two things”…..
yo wis brangkat.

Salam hangat dari Surabaya
Shohibul Kontes Unggulan Indonesia Bersatu recently posted..Cara Membuat Hidup Orang Lain Menjadi Lebih MudahMy Profile

Lidya

ya om saya ibu multitasking 🙂 tiap saat kayanya deh om . ini BW sambil ngemil eh salah ya hehehe.
biasanya kalau pagi tuh paling multi tasking, menyiapkan sarapan, seragam sekolah, memandikan anak juga mandi diri sendiri, nyuapin sambil memanaskan motor buat antar sekolah.

sepertinya laki-laki jarang yang bisa multitasking om, kecuali terpaksa ya,
Lidya recently posted..Lama Penyimpanan DokumenMy Profile

felyina

Saya bisa multitasking, om. Asal bukan pekerjaan yang melibatkan indra pendengaran. Soalnya kuping saya suka mendadak budek kalo lagi serius mengerjakan sesuatu. :p
felyina recently posted..OCHELMy Profile

chocoVanilla

Terpaksa bisa, Om. Malah kalo banyak yang harus selesai dalam waktu bersamaan jadinya cepet. Kalo satu-satu dan longgar jadi kebanyakan malesnya dan menunda-nunda hihihihihihi…..

(klo udah selesai, duduk di pojokan sambil ngembat cemilan, biar gak stress 😛 )
chocoVanilla recently posted..Rindu HujanMy Profile

krismariana

saya malah jadi ingat pertanyaan teman-teman di grup yang saya ikuti: “apa bahasa Indonesianya multitasking?” ada beberapa jawaban, tapi kemudian kami sepakat “multitugas”. 😀

saya sendiri merasa sebagai orang yang multitugas. tapi seringnya malah nggak fokus deh. hehe
krismariana recently posted..Se-Gadget Apakah Kamu?My Profile

nanaharmanto

Pekerjaan rumah tangga kadang saya lakukan sambil melakukan yg lain. Nyiapin sarapan sambil nyuci baju. Dibantu mesin cuci sih jadi saya bisa “nyambi” melakukan yang lain: beberes kamar, nyapu, belanja sayur di depan rumah, -balik ngurus mesin cuci lagi-, lanjut persiapan masak, cucian beres tinggal jemur.
termasuk multitasking nggak ya?
nanaharmanto recently posted..Cara Mencegah dan Menanggulangi TawuranMy Profile

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge