PERSONIFIKASI

 

Saya tidak tau apa ini pemberian judul yang benar atau bukan.  Tapi yang jelas saya hanya ingin sedikit menulis tentang … fenomena “pe-nama-an”. 

Manusia … itu pasti punya nama.  Diberi nama oleh Ayah-Ibunya atau keluarganya.
Sering kali … binatang peliharaan kesayangan pun di beri nama … entah si Pus, Manis, Bronies, Bleki, Punel, Unyu, Cuplis, Brintik, Putih dan sebagainya.  Ini juga umum dijumpai.

Nah ada satu lagi … benda mati pun kadang kala diberi nama.  Me-manusia-kan benda.

Jika kita sedikit menengok sejarah, terutama sejarah kebudayaan di Jawa,  ada banyak benda yang diberi nama.  Yang saya tau, beberapa senjata seperti Keris ataupun Tombak ada yang mempunyai nama.  Dan nama tersebut disakralkan.  Karena mereka percaya bahwa senjata-senjata tersebut mempunyai “kekuatan” tertentu.  Demikian juga dengan Kereta Kencana dan juga Perangkat Gamelan.

Itu duluuuuu …

Bagaimana dengan kondisi sekarang ?
Ternyata … upaya penamaan benda-benda terus berlanjut sampai sekarang.  Ada banyak orang (termasuk anda mungkin) yang menamakan beberapa benda dengan sebutan-sebutan tertentu.

Benda apa saja yang biasanya di beri nama ?

1. Kendaraan :
Waahh ini paling banyak saya rasa.  Ada yang menyebut motornya dengan si Kupi, si Beib, si Merah, si Macan, si Kuning, si Kapten, si Miau, dan sebagainya.  Juga untuk mobil.  Ada yang menyebut si Honey, si Juki, si Oren, si Kuda dan sebagainya.  Di salah satu harian nasional, saya juga pernah membaca, bahwa seorang perally terkenal Indonesia menamakan mobil-mobilnya dengan nama-nama tertentu, dan nama tersebut diambil dari nama tokoh-tokoh wanita di salah satu film seri kegemarannya.  Bagaimana dengan blogger ??? …. Yang saya tau ada salah satu blogger yang menamai mobilnya … Nyai SX-4 (qiqiqi)(ngelirik ke Kerawang)

2. Perangkat IT/Komputer :
Ya … Perangkat Komputer atau pun papan komunikasi juga sering sekali dinamai.  Si Lapie lah.  Si Kompi lah dan sebagainya.

3. Gadget Telekomunikasi :
Si Ipet lah, Si Apel lah, si Langsing, si Andro lah.  Ada juga yang menamakan gadgetnya itu mirip-mirip dengan type alat tersebut.  Si Omnilah … Si S-29 lah, si Curvy lah … si 9980 lah dan sebagainya (sumpah ini saya cuma ngarang doang)(hehehe)

Pertanyaan selanjutnya ?
Mengapa benda-benda tersebut di beri nama ? apa karena kesaktiannya ?

Tentu saja bukan.  Saya berasumsi, mereka yang menamakan benda-benda tersebut memang telah menganggap Kendaraan, Perangkat IT maupun Gadget Komunikasi itu sebagai “teman”.  Teman untuk mencari uang, teman untuk sekolah/kuliah, teman untuk pembunuh kesepian, teman curhat dan juga teman berbagi duka.  Kemana-mana selalu dibawa.  Sehingga mereka merasa ada hubungan “emosional” yang erat dengan benda-benda tersebut.  Bukan lagi hanya sekedar pemenuhan kebutuhan “fungsional” saja. (bweuh keren nggak sih analisa gua ???)

Dan saya rasa ini wajar-wajar saja …

Yang tidak wajar adalah … jika anda sudah “kelonan” dengan motor anda … !!!
Anda belum bisa tidur, sebelum membelai mesra knalpot motor anda … !!! (huahahaha)
Naaahhhh … jika terjadi demikian …
Anda perlu “diperiksa” sepertinya … (qiqiqiqi)

Anda punya nama khusus untuk kendaraan/komputer/gadget anda ? (hehehe)

.

.

.

.

(atas nama lucu-lucuan … saya menamakan alat musik saya … Mr Clavi)

.

social network

Titik

Heuheu…saya namai motor saya Jeung Vega Ngatini, netbook saya si Ciput, laptop saya si Vio. Kadang2 BunAff dan teman lain langsung nyebut barang2 saya itu dgn namanya. Misalnya kalo pas ngantor gk naik motor maka dia nanyanya: Jeng Ngatini kenapa? Xixixi…

nique

hehehe … saya panggil mobil kesayangan dengan nama si ITEM
tapi saya gak perlu diperiksalah om, wlo si ITEM sering saya ajak ngobrol atau tempat curhat paling aman … hahaha … abis enak sih curhat sama si ITEM ….

gadget cuma dipanggil LUMPIA … gak ada apa2, cuma karena LUMIA itu pas aja rasanya diplesetin dengan LUMPIA, apalagi lumpia pun rasanya enak ‘kan hehehe

laptop sih standar, ikutan orang2 juga dipanggil lappie doang 😀
nique recently posted..Tips Untuk Marketing Kartu Kredit dan Kredit Tanpa AgunanMy Profile

itikkecil

Saya tidak pernah kasih nama buat semua benda ataupun gadget yang saya miliki om. Tetapi ini tidak berarti kalau saya tidak sayang dengan benda-benda yang saya miliki. Tetap sayang kok. 🙂
itikkecil recently posted..LensaMy Profile

Pakde Cholik

Saya termasuk yang jarang ngasih nama binatang, apalagi benda om
Daku paling mangkel dengan tetangga depan rumah saya persis, soalnya anjingnya diberi nama Bella.Untung sekarang sudah pindah

Saya menyebut binatang sesuai jenis atau nama aslinya saja misalnya Nuri, Beo, Kucing, Wedus, sapi, laptop, hape, gitu saja.
Lapy dan kompi itu sebenarnya bukan nama tapi ganjen-ganjenan untuk menyebut Laptop dan Komputer saja he he he he.

Saya juga gak pernah tanya kepada Ipung ” Sary kemana sih, di cuci ya ?”
Langsung saya tanya saja ” sarung dicuci ya ?”. Mengapa ? Karena keponakan saya ada yang namanya Sary.

Salam hangat dari Surabaya
Pakde Cholik recently posted..Ritual Pagi di GalaxiMy Profile

MF-Abdullah

Menurut salah satu artikel yang pernah ane baca beberapa tahun yang lalu… (Koq masih ingat….?? karena sempat jadi bahan buat mading… hahaha 😀 jadul banget lum ada blog…) sebenarnya berbahaya kalo teleponan sambil mondar-mandir karena sinyalnya gak stabil dan radiasinya bisa merusak kesehatan… kalo gak keliru… wkwkw 🙂
MF-Abdullah recently posted..9 Pertanyaan mudah, namun sulit dijawab dengan benarMy Profile

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge