USAHA TETANGGA

.
Jika ditanya masalah kriteria memilih rumah atau tempat tinggal, setiap orang pasti punya pendapat sendiri-sendiri.  Yang bisa jadi berbeda satu sama lain.  Namun pada umumnya akan selalu berkisar pada Keamanan, Kenyamanan, Kebersihan dan Tata kelola kawasan yang baik.

Selain itu, ada beberapa syarat-syarat spesifik lainnya.  Kadang kala kita akan melihat situasi tetangga kiri-kanan kita.  Apakah tetangga kiri-kanan kita itu … rumah tangga biasa, atau membuka usaha tertentu di rumahnya.

Nah … jika boleh memilih … maka saya akan menghindari bertetangga dengan rumahtangga yang mempunyai usaha …

.

1. Bengkel
Saya akan memilih tempat tinggal yang jauh dari Bengkel.  Entah itu bengkel mobil, motor atau bengkel-bengkel yang lain.  Bengkel Las Karbit, mesin bubut, gerinda dan sebagainya.  Alasannya tentu saja … berisik.

Saya sebel banget kalo mendengar suara knalpot motor atau mobil.  Suara kendaraan yang di gas-gas kenceng begitu.  Belum asapnya.  Ini tidak bisa disalahkan … karena memang mereka mencari uang dengan cara memperbaiki kendaraan.  Dan salah satu cara untuk mendiagnose kendaraan itu … adalah dengan ngegas secara meraung-raung, sporadis dan histeris ! (biar keliatan seperti bengkel beneran)

.
2. Ternak
Syarat yang lain adalah … kalau bisa tetangga saya itu tidak usaha “ternak”.  Apalagi ternak Ayam atau Kambing.  Alasannya ? tentu saja ini masalah aroma dan kebersihan.  Ketika saya kecil dulu, tetangga saya ada yang memelihara ayam.  Dan kadang ayam-ayam mereka itu ada yang lepas dan nyelonong masuk rumah kami.  Tidak sekedar nyelonong … tetapi lengkap dengan meninggalkan sejumput “tanda mata” di beberapa pojok rumah kami. Hangat sekali deh.  (loh kok tau kalau hangat om ?)(ya … saya pernah beberapa kali tak sengaja, dengan sukses menginjaknya …)(lembut dan hangat). (qiqiqi)

.
3. Pabrik Tahu
Ya … meskipun saya ini pencinta tahu, namun saya tidak ingin tinggal di sebelah pabrik tahu.  Ini juga masalah aroma.  Saya pernah beberapa kali bertamu ke rumah teman saya … yang kebetulan di sebelah rumahnya ada pabrik tahu.  Waaahhh itu … luar biasa “wanginya”.  Saya tidak tau apakah proses pengolahan kedelainya yang salah atau bagaimana … namun yang jelas di saat-saat tertentu … pabrik ini mengeluarkan bau yang luar biasa mengganggu.  Mungkin ini aroma limbahnya atau bagaimana saya juga kurang tau.

So jadi demikianlah …
Terlebih dahulu saya mohon maaf kepada para pembaca yang mungkin mempunyai usaha Bengkel, Ternak atau Pabrik Tahu di rumahnya.  Saya tidak bermaksud apa-apa.  Pada hakikatnya … semua usaha yang sudah saya sebutkan itu adalah halal.  Usaha manusia untuk mencari nafkah halal, untuk menghidupi keluarganya.  Namun jika boleh memilih … saya lebih baik tinggal tidak berdekatan dengan usaha-usaha tersebut.

Bagaimana dengan sekarang ?
Alhamdulillah … tetangga-tetangga saya hanya rumah tangga biasa.  Sebelah kiri rumah ditempati oleh sebuah keluarga muda dengan tiga anak yang masih kecil-kecil dan kami sangat bertetangga baik dengan mereka.  Tiap pagi mereka selalu memanggil-manggil saya jika saya akan berangkat ke kantor … “Pak De … Pak De … “ (sambil dadah-dadah …)

Bagaimana dengan sebelah kanan ?
Naaahhh … ini … sebelah kanan dulunya adalah tanah kosong.  Luas, ada dua kavling sekaligus.  Namun sejak tahun lalu, diatas lahan ini mulai dibangun rumah.  Tetapi celakanya proses pembangunannya putus sambung putus sambung gitu … tersendat … pembangunannya terhenti beberapa kali … akibatnya … debu semen dan debu pasir kemana-mana.  Dan juga pemandangan menjadi kurang sedap adanya …

(sebetulnya inti postingan ini adalah curhat pada alinea terakhir …)(hahahahaha)

Salam saya

social network

Imelda

bukan saya loh yang punya dua kavling itu… punyaku masih agak jauh kok hahaha.

Memang usaha tetangga itu bisa membuat runyam juga. Ingat keluhannya blogger Susindra soal pinjam meminjam sepeda dll. Dan aku pernah bertemu sebuah rumah yang BAU benar-benar bau (kencingnya kucing) karena sudah lewat 2-3 rumah saja masih bau. Duh kasihan deh yang bertetangga dengan rumah itu. Dan pasti sial banget, kalau si tetangga pembawa masalah, pindahnya setelah kita menempati rumah 🙁 Membeli/pindah rumah kan tidak semudah beli permen coklat 🙂

Fely Funakoshi

Pagi Om!!!!
Hahahahaha… saya mau nyeletuk “ooooh, posting curcol, ya Om?” ternyata si Om ngaku sendiri di kalimat terakhir. Hihihihihihi…..
ngomong-ngomong, iya tuh Om. Ayam paling parah deh. Saya takut kalo tetanggaan sama peternak ayam. Soalnya suka mendadak bisulan kalo deket ayam hidup. Hiks….
Fely Funakoshi recently posted..RESEP NASI JAMURMy Profile

mimi

wis,,kita tetanggaan ae yo pak besan…he he

#makasi saran dan komennya di godeksfam…salam sayang buat semua keluarga di sini [di mana nih…?]

Pakde Cholik

Saya yang kurang suara berisik kayaknya juga sama dengan kriteria di atas om. Di Galaxy tdak ada sih yang punya usaha bengkel, pabrik tahu atau ternak, tapi si bleki tetangga sebelah garasi itu kok menggonggong terus ya hix.hix.

Belakang dan samping rumah juga pernah renovasi..dhak dhok dhak dhok kok pas waktu saya ingin leyeh2. Tapi gmana lagi namanya renovasi. Mudah2an tak ada lagi renovasi lagi. Mau tak balas renovasi kok belum ada doku.

Apalagii kalau gigi sakit terus ada yang mukul2 tembok., rasanya kok kayak ngledek wal nantang gitzuuu.

Salam hangat dari Surabaya
Pakde Cholik recently posted..Kopdar Galaxy Bambu RuncingMy Profile

Dani

Alhamdulillaahnya rumah saya di tengah kompleks perumahan Om. Bapak saya dulu peternak ayam kecil-kecilan dan memang sering dikomplain soal baunya jadi ya harus rajin bersihin. Kalo tetanggaan sama pengusaha biasanya enaknya dapet harga murah Om…
Dani recently posted..Musik PengiringMy Profile

Wong Cilik

jadi teringat, bapaknya teman saya punya usaha bengkel. Kalau pas main kesana siang hari, ngobrol nyaman itu hal yang susah didapat, karena suara berisiknya itu 😀
Wong Cilik recently posted..KoperMy Profile

Elsa

yup, bertetangga dengan bengkel juga bisa membuat pening kepala.
saya termasuk salah satu orang yang bertetangga dengan bengkel. bengkel sepeda motor… kalo bengkel mobil masih mendingan kali yaa…
kalo bengkel sepeda motor nih yang bisingnya minta ampuuun….

tapi ternyata itu tak seberapa Pak..

tetangga saya satu lagi, juara satu bikin lingkungan bising. dia tetangga baru, toko HP dan pulsa gitu lah. Mungkin untuk menarik minat pembeli, toko itu memasang speaker super besar di depannya, dan memutar lagu lagu dengan kebisingan tingkat tinggi. subhanalloh deh…

mengingatkan saja pada toko toko kain di pasr baroe jakarta itu… yang pada lomba pasang lagu kenceng kenceng…. ampuuuun!!!
Elsa recently posted..Bakso Bakar Pak Man MalangMy Profile

Hotel di Bandung

betul bengkel yang berada di dekat rumah tempat kita tinggal akan membuat suasana sangat tidak nyaman, hampir setiap hari bising dengan suara-suara kendaraan yang sedang diperbaiki.. curhaat pengalaman 😀
salam kenal buat admin N semua pengunjung blog ini by didah
Hotel di Bandung recently posted..Persaingan Tarit Hotel BandungMy Profile

kekenaima

biasanya sy selalu seneng menghabiskan liburan di kampung papah sy.. Pemandangannya masih seger, di kelilingi bukit & sawah2.. Tp sejak tetangga punya ternak ayam, sy suka males pulkam om.. Bukan baunya yang mengganggu (krn sama sekali gak kecium).. Tp rumah jadi byk lalat. 24 jam lalat banyak sekali di dalam rumah.. Udah berasa kayak tinggal di deket TPS.. Jorok aja & gak bs tidur krn lalat di mana2.. Rumah baru bersih lagi, kl ayam2nya lagi di jual.. Kandangnya di bersihin.. Tp gak lama di isi lagi.. Hadeuuuuhhh…

Pernah krn gak bs tidur, malam2 sy main kembang api.. Eh di protes sm yg py ayam katanya suara kembang api bikin ayam2nya gak bs tidur.. Krn sy udah terlanjur keki, sy jawab aja.. Sy aja yg gak bs tidur krn lalat gak pernah protes sm yg punya ternak ayam.. Heehe..
kekenaima recently posted..Wali KelasMy Profile

niee

Kalau aku boleh memilih. tetangga aku yg usaha warung makan dan loundry aja om. jadikan aku gak perlu masak dan cuci baju sendiri.. tinggal ketetangga beres deh.. hihihi
niee recently posted..WaktuMy Profile

bunda lily

aku juga gak mau sih kalau tetanggaan dgn bengkel, pabrik apapun dan ternak.
karena pernah di depan rumahku, tetangga ternak anak2 anjing. lutju2 sih……..
tapi……………………..berisiknya itu lho yg minta ampun, gak tau waktu , itu si imyut lutju mungil pada kaing2 terus…. hedeh 🙁

salam
bunda lily recently posted..But, You Look Happy and HealthyMy Profile

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge