MONDAR-MANDIR

.
Coba perhatikan perilaku manusia ketika berkomunikasi lewat telefon genggam.

Terutama mereka yang bertelefon di tempat umum … sambil berdiri …

Sadarkah sahabat-sahabat semua … bahwa ada satu ciri khas umum yang sering kali kita jumpai.  Perilaku apa itu ?

Perilaku … Mondar-Mandir ketika menelefon … !!!

Nggak percaya ?
Coba saja perhatikan di sekitar anda.  Terutama bila anda sedang ada di mall, supermarket, lobby bioskop, lobby hotel, terminal, airport, stasiun dan sebagainya, hampir bisa dipastikan … akan ada orang yang menelefon dengan HP … lengkap dengan mondar-mandirnya.

Dan saya perhatikan … ini tidak saja dilakukan oleh orang Indonesia.  Orang dari luar negeripun seringkali berperi laku demikian.  Baik itu bangsa Asia … maupun bangsa Barat.  Baik mereka yang berkulit kuning, kulit hitam, kulit putih maupun kulit sawo matang  Apalagi saudara-saudara kita yang berasal dari Asia selatan.  Mondar-mandirnya lengkap dengan goyang-goyang kepala.  🙂

Saya sempat iseng browsing di gugel dengan kata kunci … “mengapa orang bertelefon mondar-mandir” … namun saya tidak berhasil menemukannya … (iseng banget sih Om ?)(ya … saya penasaran banget soalnya !!!)

Nah akhirnya saya alihkanlah pertanyaan ini kepada para pembaca sekalian ….

Mengapa orang bertelefon dengan HP itu mesti mondar-mandir ???

 

Dan … apakah anda kalo bertelefon dengan HP itu mondar-mandir ???
(… pasti anda semua nggak sadar deh … )  🙂

 

social network

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

57 Responses to MONDAR-MANDIR

  1. Biar ga bosen, om
    klo duduk tenang sambil nelpon itu suka bosen 😀
    Melly Feyadin recently posted..Mau Dibawa Kemana Hubungan Kita?My Profile

  2. Idah Ceris says:

    Karena yang ditelephone lagi mengerjakan pekerjaan lainnya.
    Coba kalau yang telephone lagi santai, pasti dia gak mondar-mandir. 😀
    Idah Ceris recently posted..Bunga Naga Sudah Mulai MekarMy Profile

  3. nique says:

    gak nyadar itu om 😀
    ngeliatin orang sih seru tuh
    tapi pas sendiri ya gitu juga hahaha … itu klo telponan sambil berdiri
    tapi klo telponan sambil tiduran, guling2an dari sisi kiri ke kanan, bagian kepala ke bagian kaki, pas kelar telponan lho kok bantal sudah di lantai semua hahahahaha
    nique recently posted..Tersanjung Sebelum TersandungMy Profile

    • nh18 says:

      hahaha …
      saya ngakak … telfonan sambil tiduran …
      selesai telfon … bantal guling semua berserakan …

  4. Lidya says:

    sekalian olah raga om 🙂 eh tapi saya lihatnya pegel om kalau ada orang yang telp mondar mandir
    Lidya recently posted..Shuriken Buatan PascalMy Profile

    • nh18 says:

      Itu mbak … itu masalahnya …
      Mbak Lidya selalu bisa melihat apa yang tersirat dari tulisan saya …
      Sejatinya … saya jengkel banget ngeliat orang telefon sambil mondar-mandir

      qiqiqiqi

  5. kekenaima says:

    sy mondar-mandir biasanya kl telpnya blm diangkat om 😀
    kekenaima recently posted..Wali KelasMy Profile

  6. Orin says:

    Iya ya Om, habis baca merhatiin bosku yg lg nelpon, dan beneran mondar mandir kyk setrikaan bikin pusing hahahahaha…
    Orin recently posted..Ibu RahmanMy Profile

  7. Pakde Cholik says:

    Kalau berdiri umumnya memang mondar-mandir
    Tapi kalau telepon sambil menunggu jemputan atau kedatangan seseorang malah bukan hanya mondar-mandir tapi juga ongak-anguk dan tolah-toleh.

    Kata Mondar-mandir, ongak-anguk dan tolah-toleh ini kalau dalam paramasastra bahasa Jawa disebut dwilingga salin sworo ( kalau gak salah lho)

    Salam hangat dari Surabaya
    Pakde Cholik recently posted..Paradise Is Here by Tina TurnerMy Profile

    • nh18 says:

      dwilingga salin sworo … ?
      waaahhh iya ya Pak De …
      Saya lupa … sepertinya Pak Mars atau Pak De pernah menulis mengenai hal ini …

      Salam saya Pak De …

  8. Evi says:

    Saya juga suka begitu Om, secara enggak sadar. Mungkin ada hubungan dengan peningkatan konsentrasi kali yah..Atau dengan bergerak suara dari seberang lebih jelas,sebab syaraf2 kita lebih aktif, jalan darah lebih lancar, jadinya gendang telinga juga lebih peka..My two cents Om…:)
    Evi recently posted..Eksotisme Gunungkidul 3 : Pasar ArgosariMy Profile

    • nh18 says:

      My Two cents ???
      Aahhhaaa saya belajar ungkapan yang baru hari ini …

      thanks Bu evi

      Salam saya

    • Dani says:

      sudah baca komen dari atas sampe bawah Om dan paling masuk akal komennya Mba Evi yang ini. jadihnya saya reply . hehehehe. kalo saya paling sering mondarandir karena gemes lawan bicara ga paham-paham. Kalo ngobrolnya selow saya suka nyender ajah Hehehe
      .
      Dani recently posted..Makan Enak dan (Lebih) TenangMy Profile

  9. Niar Ningrum says:

    mondar mandir ben ora pegel kalau berdiri terus, tapi kalau di kamar enak tiduran sambil telepon 😀
    Niar Ningrum recently posted..Dadakan Pergi ke Kota GudegMy Profile

    • nh18 says:

      kalo kebanyakan mondar mandir … yo pegel juga Ni …
      soyo meneh sing ndelok … luwih pegel …
      hahahaha

  10. applausr says:

    tapi kalau di pikir baik baik.. yang berdiri anteng lebih aneh lagi… apalagi luas banget tuh area.. mulai bela diri.. karena memang kalau telepon saya mondar mandir…
    applausr recently posted..Yuk Bikin SIM…!My Profile

  11. cumakatakata says:

    biar lebih nyaman dan lebih konsen Om .. heee
    kalau saya melakukannya memang gak sadar Om, tapi kalau lihat orang lain baru nyadar..
    cumakatakata recently posted..Jawa Timur, Jawa Tengah lalu Jawa BaratMy Profile

    • nh18 says:

      Ya … semenit dua menit sih nyaman Pi …
      Tapi kalau sudah lama … waaahhh ya pegel juga …
      🙂

  12. Necky says:

    Itu artinya lagi sakit bisul dipan*** om karena kalau duduk sebentar aja bisa nyeri…. 🙂
    tapi ga cuma mondar mandir…tapi lihat tangan dan mimik muka mereka deh pasti seru kalau di rekam kamera….
    Necky recently posted..Belajar Terussss….My Profile

    • Necky says:

      oops…ternyata rumah barunya om enha…selamat ya om…semoga menjadi blog yang woke terusss…ga sadar kalau rumah baru lantaran masuk dari link fb.
      Necky recently posted..Belajar Terussss….My Profile

      • nh18 says:

        Hahaha …
        Ya … lihat mimik … itu juga seru …
        tetapi yang paling seru memang … melihat mereka mondar-mandir …
        kayak orang kebelet …

        qiqiqiqi

  13. Dewi Fatma says:

    Bos aku juga kayak gitu Om, terima telpon lalu mondar mandir didepan meja kami, kami yang ngeliat justru keki..hahaha.. Kadang dia nyadar trus langsung masuk ruangannya.

    Kalo aku sih, rasanya ngk pernah nelpon sambil mondar-mandir. Lebih suka nyari tempat duduk dulu sebelum ngangkat telpon, kalo nggak ada tempat duduk ya jongkok aja disuatu tempat yang agak menjauh dari orang2.. 😀
    Aku nggak kuat berdiri lama, apalagi sambil mondar mandir plus nelpon, Om… 😀 Habis tenagaku ntar..
    Dewi Fatma recently posted..Suatu Malam di Rumah PutihMy Profile

  14. mimi says:

    terima telpon sambil mondar mandir..nunjuk2..geleng2..trus duduk tegak.
    itukah akikah banged hihihi

    tapi nemu kayak gitu mah setahun sekali belum tentu…la wong jarang ditilpon lama kok haha

    paling…Miii cepat pulang !! tuuuuuuttttsss

  15. niken says:

    Kalau sambil duduk ya ngga mondar mandir dong om… Rasanya saya lebih suka berdiri sambil sandaran di suatu tempat deh dr pada mondar mandir.

    • nh18 says:

      Betul Bu Niken …
      memang sih enakan duduk atau berdiri sambil bersandar …
      tapi … believe it or not …
      ada sementara orang yang lebih enjoy kalo mondar-mandir …
      kesannya kayak orang penting gituh …

      hahahahaha

  16. Mechta says:

    haha..iyaa..memang banyak yg begitu Pak..meskipun klo saya lebih seneng dg duduk saja… 🙂
    Mechta recently posted..Oleh-oleh dari SemarangMy Profile

  17. ded says:

    Pertama mungkin ga sadar om
    Kedua : pengen olah raga
    Ketiga : biar kelihatan sibuk dan kreen, kayak di pelem2
    Tapi klo saya lebih suka diam atau duduk di satu tempat.
    Saya lucu baca komen mb lidya, katanya dia suka pegel ngeliat org yg tlpn mundar-mandir he3
    yg liat saja pegel :
    ded recently posted..GUDEG CEKER BU KASNOMy Profile

    • nh18 says:

      Yang paling tepat mungkin yang ke tiga Uda …
      niru yang di pelem-pelem ituh …
      hehehehe

  18. nelfon sambil mondar-mandir ya . . . .
    it’s me (baru nyadar)
    hehehehe . . .

  19. mondar-mandir itu kesannya sok sibuk, sok exist om…

    klo mondar mandir sembari marah, mengumpat, ataupun sambil menendang berarti dia barusan diputus sm pacarnya, hehe
    Dhymalk dhykTa recently posted..Seri HUT Makassar 405 : Bangga Makassar Jadi Kota DuniaMy Profile

  20. ahmad fauzi says:

    Kalau ngga mondar mandir kayaknya kurang keren OM..

    heee
    ahmad fauzi recently posted..SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU YA BU??My Profile

  21. Saya nggak mondar mandir kalo lagi telepon, om. Soalnya malah merusak konsentrasi. :p
    Etapi, kalo saya perhatiin di tivi, biasa adegan lagi menunggu telepon diangkat kok yo biasanya emang pake acara mondar mandir atau malang kerik, yah. Emang gaya pakem nya gitu kali Om. Hihihihihihi
    Fely Funakoshi recently posted..RESEP NASI JAMURMy Profile

  22. nia/mama ina says:

    Wah itu sech kelakuan bos saya dulu oom…..kalo lagi telepon mesti sambil mondar mandir…..udah gitu suaranya kenceng pula….jadi orang disekitarnya tau dech isi pembicaraan tsb hihihihihi…….kalo saya kadang pernah juga sech terima telepon sambil mondar mandir…..tp sebenarnya cuma ingin cari tempat yg sepi heheheh…..
    nia/mama ina recently posted..Tentang WaluMy Profile

  23. Yang pasti mah jawaban nya…
    Biar gaya atuh Om!!!

    Gaya kan harus nomer satu…hihihi…

    Tapi aku mah gak pernah mondar mandir ah….
    soalnya hape ku jadul abis…gimana cara nge-gaya nya cobah ??
    Bibi Titi Teliti recently posted..Anak yang Kelaparan!My Profile

  24. niee says:

    Biar orang yg deket gak denger om kalau mondar mandir.. jadi pembicaraan tetep aman dari orang yg nguping. 😉
    niee recently posted..WaktuMy Profile

  25. Abi Sabila says:

    Saya nda tahu alasannya, Om. Sama seperti saya juga tidak tahu kenapa saya cenderung sebal dengan tingkah laku seperti ini. Tak cukupkah telepon sambil duduk manis? Tapi semua berbalik pada kebiassaan masing-masing. Saya lebih nyaman telepon sambil duduk manis saja.

  26. Cari bahan obrolan biar nga pasif ngobrolnya…biar ada ide dalam komunikasi, mungkin bigitu..

  27. krismariana says:

    masih agak biasa kalau mondar-mandir itu, om. kalau di rumah kadang sambil tiduran, dengan pakai daster. sementara sedang membicarakan kontrak kerja. hahaha…
    krismariana recently posted..Dilema Ibu BekerjaMy Profile

  28. bunda lily says:

    ngakak dulu deh akh ………….hahahhaaaa……..
    karena itu aku banget ,Mas… 😳

    entah krn kebiasaan kali ya, begitu telepon bunyi , langsung berdiri dan mulailah upacara si mondar mandir ituh ….hahahaaaaa 😀 😀 😀

    untung waktu kopdar sama Mas eNHa, aku gak mondar mandir krn banyak yg ngantri mau denger suaranya si eMak LJ ituh …. hhihihhh 😛

    salam
    bunda lily recently posted..But, You Look Happy and HealthyMy Profile

  29. vizon says:

    Saya kalau nelpon sambi berdiri juga suka mondar-mandir, Om.. Apalagi kalau pembicaraannya itu lama.. Sepertinya itu otomatis saja. Barangkali untuk mengusir capek akbiat nelpon kelamaan.. Tapi, kalau sembari duduk, saya gak pernah mondar-mandir Om, tapi ngesot, hahaha.. 😀
    vizon recently posted..usaha rumahan dan respon tetanggaMy Profile

  30. Wong Cilik says:

    ha.ha.ha… iya Om, saya kalau telp juga mondar-mandir … nggak tahu juga, reflek kali ya …
    Wong Cilik recently posted..Longtan Township : 2My Profile

  31. Zizy Damanik says:

    Om.
    Kalau saya lebih suka duduuukkkk.
    Tapi tentu saya akan cari tempat yang nyaman dan jauh dari keramaian agar tidak ada yang terganggu atau mencoba menguping. Ya sekalian biar konsentrasi juga sih teleponannya..
    Zizy Damanik recently posted..Field Trip ke Outbound HolicMy Profile

  32. MF-Abdullah says:

    Tadi sempat salah komen, jadi mau komen ulang ah… hehehe 😀

    Menurut salah satu artikel yang pernah ane baca beberapa tahun yang lalu… (Koq masih ingat….?? karena sempat jadi bahan buat mading… hahaha :Djadul banget lum ada blog…) sebenarnya berbahaya kalo teleponan sambil mondar-mandir karena sinyalnya gak stabil dan radiasinya bisa merusak kesehatan… kalo gak keliru… wkwkw 🙂
    MF-Abdullah recently posted..Kentut Versi GuruMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge