IMPULSIF

 

Menurut kamus besar bahasa Indonesia impulsif berarti : “… bersifat cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati …”

Kalau boleh saya intrepretasikan sendiri … impulsif adalah suatu perilaku yang cepat bertindak … tanpa rencana … tanpa difikirkan lebih dalam … hanya menuruti kata hati …

Contoh paling sederhana adalah … ketika belanja di supermarket.  Lihat display botol shampo yang bagus … langsung beli.  Lihat pajangan coklat yang menarik … beli.  Tak pakai dipikir lagi … seneng … tertarik … beli.

Lihat iklan gadget terbaru …ada tablet baru … ada “talenan” baru … ada smart phone baru … tertarik … beli.

Bukan hanya masalah belanja saja.  Ada banyak hal lain yang kadang kala kita bertindak impulsif … memutuskan segera mengikuti kata hati … seketika.  Travelling atau wisata misalnya.  Langsung pergi kesuatu tempat tanpa rencana.  Pengen kesana … jalan … mau eksplorasi ketempat tertentu … meluncur.  Pingin jalan ke kiri … jalan ke kiri.  Pingin ke kanan … melangkah ke kanan … dan seterusnya … (gimana nanti saja …)

Dan mau tau yang lebih besar lagi …
Ada banyak kali saya temui … dalam memilih pasangan hidup pun … kadang kala manusia bertindak Impulsif … mengikuti kata hati.  Cocok … angkat … sikat … !!!

Berbahayakah sifat Impulsif itu ?
mmm … saya tidak bisa menjawab.

Sifat Impulsif sepertinya akan selalu ada dalam benak setiap manusia.  Hanya mungkin frekuensi munculnya yang berbeda-beda.

Namun kalau boleh menasehati diri sendiri … untuk sesuatu yang akan berdampak besar terhadap hidup anda … pikirkanlah kata hati anda itu … dua – tiga – empat kali … bahkan lebih … sebelum anda menyesal di kemudian hari.

(karena kata hati … mungkin saja bisa salah …)

Menurut anda ???

.

.

.

.

Incoming search terms:

  • impulsif
  • impulsif adalah

social network

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

14 Responses to IMPULSIF

  1. nique says:

    saya gak tau (atau gak mau ngaku?) seberapa besar kadar impulsif di dalam diri saya 😀 tapi sejalan dengan waktu, kayaknya berkurang juga deh om. klo dulu emang ada kecenderungan liat apa aja di supermarket gitu yah, main bela beli aja. tapi ke sininya, sudah bisa stick to the note .. 😀 belum lagi klo urusannya lebih besar, entah itu keluar duitnya lebih gede, ya makin bolak balik mikirnya, dan senang kalau pada akhirnya malah batal hahaha …
    nique recently posted..SelimutMy Profile

  2. MF-Abdullah says:

    Pertammmaaax Om… hehehe 😀 implusif sama gak om dengan insting ? atau bisa juga intuisi ya om… hehehe 🙂 *Sok tau sambil nyengir,,, *

    Slamat pagi menjelang siang om.. SaHaTaGo 🙂
    MF-Abdullah recently posted..Tali Asih CAPek-Ma Berbagi Edisi Bulan Desember 2012My Profile

  3. evi says:

    Impulsif dalam memilih pasangan, waduh, perjudian tingkat tinggi Om. Kalau dapat bagus sih gak apa2, nah kalo dapat yg merepotkan, cilaka deh.,…
    evi recently posted..Sate Bandeng Khas BantenMy Profile

  4. izzawa says:

    Berarti saya lumayan impulsif om….
    cuma terkadang kalau saya terlalu banyak mikir akhirnya saya malah tambah bingung om,,,jadinya ya gitu akhirnya malah plin plan.. 🙁
    izzawa recently posted..Sisi Lain FotografiMy Profile

  5. Opickaza says:

    wah jikalau kita bertindak tanpa ada pemikiran langsung biasanya sikap tersebut akan merusak sikap kita jangan kan kita bertindak dengan cepat kalau ndak tahu apa apa mungkin akan terjerumus di tempat suatu yang sama
    Opickaza recently posted..Fortuner SUV TerbaikMy Profile

  6. cumakatakata says:

    saya setuju saja Om….

    seperti kata Bang Rhoma, hati-hatilah dalam melangkah dalam lagu “darah muda”…. 🙂
    cumakatakata recently posted..Lawang Sewu Tak Seperti Dalam BenakkuMy Profile

  7. Mechta says:

    klo sy cenderung kebanyakan mikir…. dan sering menuai protes, terlalu pilah-pilih..haha…
    Mechta recently posted..LoA ala Bibi Titi TelitiMy Profile

  8. Wong Cilik says:

    rasanya saya termasuk yg impulsif …
    seneng … tertarik … beli…
    makasih sudah diingatkan Om …
    Wong Cilik recently posted..AloneMy Profile

  9. Pakde Cholik says:

    Walaupun secara singkat proses : berpikir-mengambil keputusan-bertindak harus dilalui om.
    Untuk sesuatu yang berskala besar dan penting proses berfikir harus lebih lama dengan meng-“olah yudhakan” dengan jujur keuntungan dan kerugian setiap CB ( cara bertindak) yang ada sehingga terpilih CB terbaik.

    Salam hangat dari Surabaya
    Pakde Cholik recently posted..Weekly Photo Challenge: Changing SeasonsMy Profile

  10. bunda lily says:

    wah, sepertinya aku termasuk yang impulsif nih Mas dalam hal pilah pilih sesuatu.
    lihat, suka, ya ambil …. hehehe 🙂
    tapi, tetap tau kok, kalau yg diambil itu pasti dibutuhkan … 😛
    salam
    bunda lily recently posted..How to Make Sure You Are Cancer’s FreeMy Profile

  11. uni says:

    bila kadar impulsifnya terlalu berlebihan ga baik kali ya pak 😀
    segala sesuatu yang berlebihan itu ga baik 🙂
    harus seimbang 🙂
    uni recently posted..Lestari Airku, Lestari hidupku ^_^My Profile

  12. Orin says:

    Aku seringkali impulsif dalam hal membeli buku Om, kalo yg lainnya kadang2 aja, malah bisa jg ga jadi beli/melakukan sesuatu gegara kebanyakan mikir dan pertimbangan, maklum saya Libra Om *halah* hihihihi
    Orin recently posted..KukilaMy Profile

  13. niee says:

    Eh tapi pernah denger (atau baca) ada kalimat ‘karena hati tidak pernah salah’ om.. brti org ini implusif bgt dong yak.. hihihi
    niee recently posted..Para PesertaMy Profile

  14. Impulsif dlm hal belanja? Jd shopaholic dunk… Haduuuh gak bisa dipiara lama2 neh, bisa bikin bangkrut diri pribadi dan merugikan org lain juga. (Pengalaman pribadi)…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge