MERAH-HIJAU

.
To begin with … Lihat foto berikut ini …

lampu1

Foto ini saya ambil di lahan parkir, gedung tempat saya bekerja.  Yang juga menjadi satu dengan salah satu Mall dan Hotel, di Jakarta Pusat.

Anda bisa lihat lampu-lampu yang menyala diatas mobil itu ?
Sebagian besar berwarna merah.  Satu dua ada yang berwarna hijau.

Apakah ini hanya hiasan belaka ?  Adakah artinya ?
Awalnya saya mengira ini adalah bentuk penerangan tambahan saja.  Lampu hiasan sekaligus untuk keamanan.  Lalu kemudian pikiran sotoy saya pun menganalisa … berkembang ke arah yang lain … hmmm mungkin ini adalah sensor kebakaran atau yang sejenisnya.

Namun setelah dua tiga kali saya keluar masuk lahan parkir tersebut,  Saya baru sadar bahwa selama ini saya salah.  Rupanya lampu ini adalah semacam sensor yang mengindikasikan apakah lahan parkir di bawahnya terisi mobil atau tidak.  Jadi di atas petak-petak parkir tersebut masing-masing dipasangi sensor lampu.  Jika di bawah lampu tersebut ada kendaraan yang parkir maka lampu akan menyala berwarna Merah.  Space Occupied

Sementara jika lahan di bawah lampu itu kosong … maka otomatis lampu akan menyala hijau.  Space vacant.

Hal ini terus terang sangat membantu para pengendara kendaraan, jika ingin mencari lahan parkir yang kosong.  Mereka tinggal lihat saja ke langit-langit berjejerkan lampu itu … adakah lampu hijau yang menyala di sepanjang koridor tersebut.  Pengemudi tidak perlu lagi celingukan mondar-mandir menyusuri lorong satu persatu … untuk mencari lahan kosong.

Bukan itu saja …
Sensor ini saya rasa juga telah terhubung ke suatu pusat data informasi.  Disana bisa terlihat berapa lampu merah yang menyala dan berapa lampu hijau yang menyala.  Jumlah lampu hijau yang menyala ini akan diinformasikan kepada khalayak calon pengunjung di setiap pintu masuk parkiran.  Agar mereka bisa mengarahkan mobilnya ke level/tingkat lantai bawah tanah …. yang masih ada lampu hijau menyalanya.   Misalnya P1 : 25 … artinya di level P1 masih ada 25 lahan yang kosong.  Ketika ada satu mobil yang masuk parkir … tentu saja papan informasi akan berubah menjadi P1 – 24 dan seterusnya.

Inovasi sederhana yang lumayan berguna.

Sekian laporan ringan dari saya

Salam saya

om trainer.

.

.

.

social network

keke naima

pernah kepikiran bikin postingan ttg ini, tp kok ya hasil jeortan kamera sy gak ada yg bagus.. Kurang jelas terus hasilnya 😀

Sy juga suka bgt kl ke mall, parkirannya ada lampu spt itu om. Memang sangat membantu sekali. Apalagi mall2 yg udah ada lampu itu kan, umumnya mall2 yg banyak pengunjungnya yg biasanya cari parkirnya aja udah makan waktu sendiri. Dg adanya lampu itu sy terbantu banget..

Tp kyknya di PIM blm ada ya? Pdhl termasuk mall yg sering sy datengin juga padahal parkirannya susah dapet yg kosong 😀
keke naima recently posted..WagyuMy Profile

nh18

Kalau di PIM 2 saya kurang tau Chi
Tapi kalau di PIM 1 sepertinya tidak ada …
sebagian besar lahan parkir di PIM 1 itu Outdoor … diluar …

salam saya Chi

nh18

Mmmm … secara spesifik sih tidak …
sehingga sebelum jam 10.00 kita akan rebutan dengan tenant office lainnya … 🙂
dan kalau setelah jam 10.00 … kita akan rebutan dengan pengunjung Mall dan Hotel

salam saya Kak

nh18

Kebetulan ini parkir gedung indoor …
Kalau parkiran di Outdoor …
mungkin masih menjadi masalah Bundo …

Salam saya

nh18

Iya Om …
Mudah-mudahan perawatannya cukup baik …
sehingga bisa berfungsi lebih lama

salam saya Om Arman

Lidya

jadi menghemat waktu ya om tanpa harus berlama-lama mencari lahan yang ksong untuk parkir. saya belum pernah lihat om, maklum kan parkirannya cuma diteras rumah dan sekolah hehehe
Lidya recently posted..Windows 8My Profile

nh18

Iya Mbak …
Ini lumayan menghemat waktu …
dan juga menghindari antrian yang bererot panjang

salam saya Mbak

Necky

Teknologi yang sangat membantu manusia pak. Banyak sekali teknologi yang disalahgunakan oleh orang2 yg justru sangat mengerti teknologi. Sama sepertihalnya Agama itu ada adalah untuk mengatur manusia untuk menjadi lebih baik bukannya sebaliknya menjadi manusia bermusuhan dan tengkar….salam pak
Necky recently posted..Pilihan HidupMy Profile

kakaakin

Wah.. bagus banget ya kalo ada lampu penanda seperti itu. Saya jadi ingat waktu diantar ke Senci pas mau kopdar sama Mbak Nunik, muter-muter gak jelas di parkiran 😀
Di Samarinda baru ada satu dua mall yang pake areal parkir berlantai-lantai kek gitu. Yang pake motor sih nyantai, banyak tempat yang vacant 😀
kakaakin recently posted..Topeng MonyetMy Profile

niee

Waaahhh.. aku sempet kepikiran pas skripsi mau buat seperti ini om. habisnya bete pas nyari parkiran mobil keseringan gak dapet. tapi ujung2nya aku fikir bahwa dapet parkir itu untung untungan juga seh. siapa tahu pas diluar gak ada yg kosong. terus pas kita jalan masuk ada yg keluar. jadikan bisa diambil tempatnya 😀
niee recently posted..20.12.2012My Profile

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge