KARSINI # 11 : HOT POT

Karsini

Lanjut ya …

Maaf agak tersendat penayangannya … (you know why kan ???)  🙂

Ini adalah tulisan KARSINI yang ke 11.

Saya rasa saya tidak perlu memberikan clue / kata kunci disini … Saya yakin beberapa dari pembaca tentu sudah sangat mengenal tulisan ini … !

Hot Pot

Beberapa waktu yang lalu saya ikut acara makan-makan di jurusan. Acara ini sih sebenarnya lebih ke acara keakraban antara dosen dengan mahasiswa internasional gitu. Jadi isinya ya cuma makan sambil ngobrol-ngobrol aja. Menunya kali ini adalah huǒguō atau dalam Inggrisnya sering disebut hot pot.  Dari ngobrol itu saya baru tahu bahwa hot pot yang model kecil itu meniru model penyajian di Jepang.  Tadinya saya pikir memang aslinya disajikan begitu. Ternyata model penyajian yang berasal daerah sini itu pakai panci yang besar, yang bisa muat untuk beberapa orang (1 keluarga). Jadi masing-masing mengambil makanannya dari panci besar itu, bukan yang sudah di takar dalam panci-panci kecil seukuran piring makan.

Waktu makan-makan itu, saya ingat kembali saat pertama kali makan hot pot, saya langsung suka dengan makanan ini. Dan sampai sekarang masih menjadi salah satu makanan favorit saya disini. Apalagi pas musim dingin, makan hot pot yang panas-panas (kalau dingin jadi cold pot donk 🙂 ) itu nikmat sekali. Karena itu, pada musim dingin, biasanya warung-warung hot pot bakalan penuh, dan kita mesti antri, menunggu sampai ada bangku yang kosong (perut lapar masih suruh ngantri lagi, ihiks). 

Yah begitulah, sesuatu yang nikmat itu kadang mesti diraih dengan usaha ekstra *haaaisssh, malah kemana-mana. Kalau pas musim panas, biasanya warung hot potnya bakalan menyetel ACnya biar  ruangannya cukup dingin, jadi orang yang makan di dalamnya tetap merasa nikmat (salah satu strategi biar pelanggan tetap nyaman).  
Kata pak Dhe Wiki, hot pot merupakan jenis masakan yang direbus-rebus, yang berasal dari Asia Timur. Hot pot isinya adalah sayur-sayuran, telur, daging atau seafood yang dimasukkan dalam panci dan dimasak di atas meja (kalau sekarang sih ada kompor listrik, nggak tahu kalau jaman dulu gimana). Makanan ini biasanya di makan bersama saus, nah sausnya ini yang bikin rasanya jadi khas.

Berhubung di sini hot pot lumayan murah, makan saya cukup sering makan hot pot, mau dipuas-puasin dulu. Karena kalau di tanah air, harganya masih cukup mahal (maklum, karena seringnya ada di mall-mall).

Apakah makanan favorit sahabat?

—-

See … sangat mudah menebaknya bukan ??

KARYA SIAPA INI ???

om trainer.

.

STOP PRESS 31 Januari 2013

wong-cilik2
Postingan ini mudah sekali tertebak.
Selain karena cirikhas tulisannya, juga karena isi tulisannya
Ya teman-teman benar … Ini adalah Karya dari Hindriyanto D. P
Banyak yang manggil Pur, banyak juga yang manggil Wong Cilik
Tapi saya selalu memanggilnya dengan HIND
Seorang yang sedang melanjutkan pendidikannya di Taiwan
Blognya bertajuk DIRELUNG HATI

Incoming search terms:

  • model jepang ekstra hot

social network

Titik

Hihihi…kita tunggu kedatangannya bersama bayangannya
Tapi biasanya pelaku gak berani komen ya Bun.. Kalo nanti komen berarti habis baca komenku. Hahaha…..

*kena deh

LJ

wkwkkk.. iya nih, Bu.. semalam postingan ini tayang sudah cukup larut malam.. jadi buru2 jawab ajah. #alesyaann..

ya wis.. kemana Pur kok kagak muncul ya..? 😛
LJ recently posted..The PhotographerMy Profile

Titik

Hihihi…kita tunggu kedatangannya bersama bayangannya 😆
Tapi biasanya pelaku gak berani komen ya Bun.. Kalo nanti komen berarti habis baca komenku. Hahaha…..

*kena deh 😛

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge