KARSINI #14 : MULAI MERAGUKAN KANAN

Karsini

Masih episode kiriman dari penulis tamuKARSINI nomer 14

Simak karya berikut …
Masih perlukah saya berikan clue ????

Mulai Meragukan Kanan

Memiliki 2 orang anak yang berusia (sekian) dan (sekian) tahun ternyata  mulai membuat gue untuk melihat segala sesuatunya dari sudut pandang yang berbeda.

Sebenernya gue bisa aja sih, menutup pikiran gue dan menganggap gue adalah mahluk yang paling benar hanya karena usia gue lebih tua dari mereka.

Tapi gue memutuskan untuk membuka pikiran gue seluas mungkin dan membiarkan mereka berimajinasi sepuasnya.  Biarin aja mereka tumbuh dan berkembang menjadi dirinya sendiri, ehm seaneh apun itu…hihihi…

Gue biarin aja anak perempuan gue menganggap bahwa untuk saat ini menghapalkan gerakan dance nya Cherry Belle itu jauh lebih penting daripada bobo siang…

Dan gue ijinkan pula anak laki laki gue berfikiran bahwa apabila gue mencuci kaos spiderman nya, maka kekuatan yang ia miliki selama ini akan memudar…*entah kekuatan yang mana*

Gue sendiri juga gak jelas berawal dari mana, tapi pada akhirnya gue pun tiba di satu titik dimana gue mulai….meragukan kanan…

Berikut ini adalah beberapa kejadian yang memicu pemikiran absurd gue diatas.

 

Kanan menurut anak perempuan gue…

Sebenernya hal ini terjadi sekitar 2 tahun yang lalu ketika dia mulai belajar menaiki  sepeda roda 2. Gue pun beritikad baik untuk menemani dia. Gue ikutan naik sepeda mini pink gue dan memimpin di depan sementara anak gue yang menentukan rute nya. Kita pun asyik muter muter di  komplek perumahan aja, sampai terjadilah dialog tak masuk akal di bawah ini :

Gue : hati hati sayang, gak perlu ngebut yah!
Anak gue : iya ma..

Gue : Trus kita kemana nih sekarang?
Anak gue : belok kanan ma…

Gue : Oke !
Gue pun mengarahkan sepeda gue ke arah kanan. Sambil sesekali menengok ke belakang.

Anak gue : Ma, kata aku kan belok kanan…

Gue : Iya, ini kan udah belok kanan..
Anak gue : maksud aku, kanan yang satunya lagi…

Gue : eh, maksudnya belok kiri gituh?
Anak gue : *pura pura gak denger*

Gue : * mulai meragukan diri sendiri, sebenernya kanan itu sebelah mana*

 

Kanan menurut anak lelaki gue…

Di usianya yang 3 tahun, gue sebenernya agak khawatir kalau dia itu kidal. Setiap memegang benda apapun, dia sering kali memakai tangan kiri. Gue pun berusaha kasih tau terus, bahwa sebaiknya memegang benda itu memakai tangan kanan. Suatu kali kita pergi ke suatu resto untuk makan bakso. Gue duduk dihadapan dia. Dan lagi lagi dia memegang sendoknya pake tangan kiri.

Gue ulangi lagi bahwa pegang sendok itu harus memakai tangan kanan. Tapi kali ini dia ngotot dan mengatakan berkali kali bahwa ia telah memegang sendoknya memakai tangan kanan. Padahal ia jelas jelas pegang sendoknya pakai tangan kiri.

Akhirnya gue jadi bingung sendiri, kenapa anak gue ngotot banget yah. Setelah debat sedikit akhirnya gue pun berhasil menyelami pikirannya.

Ternyata gue duduk di hadapannya sembari memegang sendok memakai tangan kanan gue. Dan dia hanya berusaha meniru gue aja.

Duh, ini gimana cara jelasin nya yah sama anak usia 3 tahun, kalo sedang duduk berhadapan kayak gini tangan kanan gue itu berarti tangan kiri buatnya.

Ini gue jadi ragu sendiri, apakah sebenernya  emang gue yang kelewat pinter atau anak anak gue yang memang berniat untuk memperdaya emaknya…

Di saat saat penuh kebimbangan seperti ini, ingin rasanya gue memeluk remote dvd erat erat hanya untuk sekedar melampiaskan rasa galau, atau melakukan tindak kekerasan pada si kulkas karena …ehm..gak ada alesannya sih,mungkin karena emang tampangnya rese aja dan suka kelihatan nantangin gitu.

Tapi, berhubung gue ini  orangnya suka gampang nyerah dan suka gampang kepengaruh, belakangan ini gue jadi suka ragu sendiri, ini sebenernya kanan yang mana sih?…hihihi…

Ya sudahlah akhirnya gue pasrah aja,

Toh kanan itu sebenernya bukanlah suatu variable yang terlalu signifikan bagi umat manusia untuk menjalani kehidupan yang penuh makna ini  kan yah?

Asalkan mereka janji ama gue untuk selalu shalat 5 waktu,  jangan suka tawuran ama anak STM, dan jauhi narkoba aja, gue yakin Insya Allah anak anak gue akan baik baik aja…hihihi…

—###—

KARYA SIAPA INI … ???

(kali ini komentar yang mengandung jawaban akan saya moderasi …)*
hahahaha percuma Om … udah pada tau semua … !!!
ya udah kalo gitu nggak usah di moderasi deh … (qiqiqiqi)

Salam saya

om trainer.

.

(note : menerima sumbangan komentar yang berupa jebakan betmen)

.

STOP PRESS, 6 Februari 2013

erry
Seperti yang sudah saya duga …

Karsini 14 ini sangat mudah sekali ditebak siapa penulisnya.
Ya ini adalah karya dari Erry Andriyati a.k.a Bibi Titi Telita
Seorang Bloggerita inspiratif dan humble …ti Bandung tea …
yang senantiasa persisten untuk mengejar impiannya
Blognya bertajuk : BIBI TITI TELITI

.

social network

vizon

Sebetulnya tidak ada masalah mau menjadi kidal atau bukan. Hanya saja, budaya kita terlanjur mengatakan bahwa yang kanan lebih sopan dari kiri.. Barangkali orang-orang “Korea” saja yang tidak membedakan kiri atau kanan dalam hal kesopanan.. 😉
vizon recently posted..rumah puisi taufiq ismailMy Profile

Pengamat Karsini

Kata”Gue” tersebar terlalu banyak, apakah ini jebakan untuk menutupi identitasnya ya ?
Orang Bandung yang memakai kata gue kan absurd. Tapi dua anak-anak itu memang agak menjurus ke si dia sih.

Ini mirip Bella. Kalau dia ingin sesuatu, kalimatnya ditambahi “tah”. “Mbahkung, ingin roti tah”. Semula saya mengira dia nawari roto kepada saya, ternyata dia yang ingin makan roti”

Salam hangat dari Surabaya
Pengamat Karsini recently posted..Belajar Menulis OtobiografiMy Profile

kakaakin

Sepertinya saya juga mesti mempertimbangkan tulisan ini, karena beberapa keponakan saya suka memgang barang dengan tangan kiri…
Yes, saya sudah pernah berfoto dengan beliau ini. Tapi sayangnya saya gak bisa ketemuan langsung dengan si kulkas yang sering menjadi cameo dalam setiap dramanya 😀
kakaakin recently posted..S.I.B.U.KMy Profile

yayats38

Saya dukung 😀 … makanya hadir biar gak disangka saya he he …
Yang jelas saya pernah kopdar dengan penulisnya di Bandung sono 😀

monda

yg suka pake gue dan punya anak perempuan sih si Idang, tapi baby Mecca kan baru 8 bulan masa sih sudah bisa naik sepeda? eh tapi Mecca belum punya adik laki ya..

kulkas dan remote itu kata2 yg familiar banget deh…, apa ada hubungan dengan Indom**** sebagai pusat dunia?
monda recently posted..Ikon Kuliner IndonesiaMy Profile

catatan kecilku

Kalau aku ngaku aja deh Om… gak bisa nebak siapa-nya.
Tapi lucu juga ya mengajarkan kanan-kiri pada anak2 hehehe…
Kok aku lupa, dulu bisa sukses ngajarin kanan-kiri ke anakku dulu pake cara apa ya? 😀
catatan kecilku recently posted..#5 Review : Ibuk,My Profile

inon

gak usah baca ampe habis,,
cukup baca kata guenya aja udah ketebak,,
tapi sebenernya gak boleh tuh pake kata gw..
gw kan buat orang betawi,,bukan buat wilayah dia yang di coret itu 😛

chocoVanilla

Hihihihi….kedua malaikatku pun sampai sekarang masih bingung kanan dan kiri. Maka masing2 aku kasih jam tangan di kanan untuk menandai tangan kanan 😛

Meski telat baca, tapi ini sih Bibi banggeettt….
chocoVanilla recently posted..InvestigasiMy Profile

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge