MADRE

.
Ini judul film.  Film ini diadaptasi dari novelette Dewi Lestari berjudul sama.  Bercerita mengenai romantika di seputar “biang roti” yang dipanggil dengan nama sakral … “Madre”.

Madre diambil dari bahasa Spanyol yang berarti Ibu.  Madre si biang roti … “ibu” yang menghidupi banyak manusia.

Settingnya menarik, mengambil tempat di sebuah gedung tua.  Harus saya pujikan bagaimana penata set / penata artistiknya berusaha menemukan dan menghadirkan nuansa toko roti plus pabrik roti tempo doeloe dengan segala pernak-perniknya.

Pemerannya adalah Vino G Bastian dan Laura Basuki.  Didukung prima oleh akting pemeran pembantu kawakan …Didi Petet.
(FYI : Diceritakan juga di dalam cerita ini bahwa Vino adalah seorang blogger dan Laura adalah pembaca setianya).  Blogger ada dalam filem Indonesia euy …)

Selain mereka bertiga … film ini juga didukung oleh beberapa pemeran pembantu lainnya.  Berbeda dengan sinetron atau film horor kacangan keluaran “rumah produksi yang satu” itu, yang gemar sekali memajang wanita cantik sexy, yang anggota badannya “meleleh” kemana-mana, sebagai pelengkap untuk melariskan film-film produksi mereka. 

Film ini BUKAN tipe film seperti itu  … film ini jauh dari aksi pemeran pembantu dan pelengkap (yang tidak perlu) seperti itu …

Sesuai dengan plot cerita dari Dewi Lestari … tokoh sentral selain Vino – Laura dan Didi Petet, ada lagi kuartet Manula, pengikut-pengukut setia toko roti Tan De Bakker.  Keberadaan para Manula di film ini sangat terasa memperkuat nuansa historis dari Tan De Bakker ini.

Manula-manula ini diperankan dengan baik oleh Titik Qadarsih, Gatot W Dwiyono, Lisa H Pandansari dan Savitri Nooringhati.  Jujur saja saya hanya mengenal dua nama yang pertama.  Titik Qadarsih adalah mantan peragawati dan model yang sangat terkenal di jamannya.  Gatot W Dwiyono satu dua kali saya lihat di televisi, dan biasanya memerankan tokoh orang tua yang miskin.  Dari beberapa referensi saya baca bahwa Gatot juga bermain teater.

Sementara dua nama yang lain Lisa dan Savitri … terus terang saya tidak mengetahui sebelumnya siapa mereka.  Yang jelas … akting mereka sangat baik disana …. Mereka betul-betul mendukung peran Vino dan Laura sebagai pemeran utama …  Saya rasa Ibu Lisa dan Ibu Savitri pasti pernah mempunyai latar belakang seni peran juga.

Pendek kata saya sangat terkesan dengan Lima Sekawan … pemeran manula pada film Madre ini … Didi Petet, Titik, Gatot, Lisa dan Savitri.

Respek saya untuk mereka !

Ada yang sudah pernah nonton film ini ?
Ada yang mengetahui siapakah Ibu Lisa dan Ibu Savitri tersebut ?

(mohon maaf jika sekiranya ada salah ejaan nama)

 

Salam Saya

om trainer1

.

.

social network

This entry was posted in Pertunjukan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to MADRE

  1. dani says:

    Saya baru baca bukunya Madre ini Om. Ternyata udah ada filmnya ya? Keterlaluan banget ketinggalan saya ini Om. Pas baca bukunya membayangkan siapa aja yang bakal memerankan mereka di film, ternyata para tokoh kawakan. Pengen nonton juga jadinya.. 😀
    dani recently posted..Ada Apa dengan Bahasa (Tulis) di Blog ini?My Profile

  2. Mechta says:

    Aiih… jadi pengen nonton juga… terima kasih infonya, Pak Her 🙂
    Mechta recently posted..[Berani Cerita#05] Deja vu (?)My Profile

  3. Yeye says:

    Saya udh ntn Om kmren.. Bagusss… Smpe buka blog nya si Roy 😀
    Yeye recently posted..Cluster Mini..My Profile

  4. LJ says:

    ini tontonan wajib kita ya om.. sekalinya ada blogger difilm-in.. dan keren!

    #kapan sampe ke bukik ini film..? 😛

  5. Imelda says:

    wah udah beli sih bukunya, tapi belum sempat baca. Film sih nanti aja belakangan 😀

  6. mimi says:

    beloooommm ihiiikzzz
    mimi recently posted..Bicara tentang Menstruasi pada anak perempuanMy Profile

  7. Orin says:

    udah baca bukunya sejak lama Om, tapi blom sempat nonton (seperti biasa) hihihihi.
    Orin recently posted..NgebolangMy Profile

  8. Lidya says:

    saya belum nonton om, nunggu DVDnya aja kalau ada 🙂
    Lidya recently posted..Pengumuman Syukuran Rame-rameMy Profile

  9. usagi says:

    kemarin baru nonton film ini,,
    dan keren suka sama kutipan-kutipannya
    terutama dibagian
    “kemarin hidup ku sederhana, dan hari ini hidupku lebih kompleks”

    filmnya sebenernya biasa aja, laura gak begitu bagus,,
    tapi untung ada 5 sekawan itu,, mereka yng menghidupkan cerita..

  10. Nella says:

    Saya belum pernah nonton filmnya, saya mau coba cari di youtube mungkin ada ;).
    Nella recently posted..Edisi Bunga Musim Semi (Tamat)My Profile

  11. Andri says:

    Dear Om Trainer,

    Sebelumnya saya memohon maaf apabila saya salah dalam penulisan nama Oom. Dan semoga Oom berkenan berkenalan dengan saya, perkenalkan saya andri.
    Saat ini saya beraktivitas mengelola usaha saya di bidang event organizer yang berdomisili Bandung.

    Berkenaan dengan dengan tulisan Oom, saya bermaksud untuk memberikan informasi tentang pertanyaan Oom, ” Ada yang mengetahui siapakah Ibu Lisa dan Ibu Savitri tersebut ?”

    Kebetulan Ibu Savitri Nooringhati adalah ibu kandung saya, saat ini beliau berdomisili di Bandung.
    Beliau adalah seorang pensiunan guru pada sekolah Menengah Kejuruan Karawitan di Bandung (SMKN 10) dengan bidang studi teater dan tari.

    Kehidupan masa kecil kami bersama beliau, banyak dihabiskan di back stage sebuah gedung pertunjukan di Bandung yang bernama Rumentang Siang,karena beliau tergabung dan menjadi salah satu founder serta trainer di Studiklub Teater Bandung (STB) bersama para seniman teater lainnya di Bandung.

    Saat ini beliau menyibukkan dirinya sebagai wedding organizer, walaupun beliau hanya cenderung / fokus terhadap tata cara serta adat istiadat sebuah prosesi pernikahan.

    Kami, anak-anaknya, cukup surprise begitu mendengar kabar beliau terlibat dalam film Madre ini.
    Dan kami bersyukur karena beliau merasa sangat senang dapat terlibat dalam film ini.

    Demikian yang bisa saya sampaikan Om, semoga informasi ini bermanfaat .

    Sehat dan Sukses terus buat Om Trainer
    Dan Maju Terus Dunia dan Seniman Film Indonesia..

    hormat saya,
    andri

    • nh18 says:

      Andri …
      Saya sangat surprise sekali ada komentar dari Andri …
      Terima kasih sekali informasinya …
      saya yakin ini berguna bagi pembaca lainnya …

      Betul dugaan saya … Ibu Savitri sudah terbiasa berkiprah di dalam seni peran … Beliau bermain dalam Madre dengan baik sekali …

      Salam Hormat saya untuk Beliau

      Sekali lagi terima kasih atas tambahan informasinya …
      sukses untuk semua …

      salam saya

      • Andri says:

        Dear Om Trainer,

        Terimakasih kembali Om 🙂
        Senang bisa berkenalan dengan Om Trainer..
        Juga salam kenal dari saya untuk semua participant dalam blog Om Trainer ini.

        Dan dengan senang hati akan saya sampaikan salam dari Om ke beliau.

        Sekali lagi terimakasih banyak Om..

        salam
        andri

  12. chocoVanilla says:

    Belum nonton dan belum baca bukunya jugak hihiihihi…
    Padahal tiap ke Gramedia selaluuuu megang ni buku tapi pasti gak jadi beli, malah beli yang lainnya. Baiklah, nanti klo ke toko buku tak belinya 😀

  13. Pakde Cholik says:

    Saya belum nonton film ini oom, maklum di Cimahi banyak penggemar TV jadi saya ngalah ha ha ha
    Pemain yang saya kenal hanya Didi Petet, Vino, dan Mbak Titik saja. yang lain belum kenal.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Cimahi
    Pakde Cholik recently posted..Usaha Rumahan Jasa Service Barang ElektronikMy Profile

  14. ded says:

    Saya belum nonton film ini Om, paling tidak tulisan Om dapat menjadi referensi buat saya dan keluarga untuk menonton film ini… 🙂
    ded recently posted..SARASAH AIE LULUHMy Profile

  15. Ridha says:

    Pa kabar OmNH? semoga selalu sehat.
    kalau bukunya juga sudah pernah baca, nontonnya yang belum.
    Pasti sangat menarik. Dan rasanya baru kali ini ada film indonesia bercerita ttg blogger 🙂
    salam hangat
    Ridha recently posted..“The Incredible Human, The Incredible Profession”My Profile

  16. Ridha Alsadi says:

    Pa kabar OmNH? semoga selalu sehat.
    kalau bukunya juga sudah pernah baca, nontonnya yang belum.
    Pasti sangat menarik. Dan rasanya baru kali ini ada film indonesia bercerita ttg blogger 🙂
    salam hangat “BangauPutih”
    Ridha Alsadi recently posted..Goresan Pertama di April 2013My Profile

  17. Jefry says:

    Wah,,, saya belum pernah nonton filmnya dna baru tahu saja dari postingan anda..nanti saya akan coba cari tahu infonya soal Madre
    Jefry recently posted..Jasa Sedot WC Murah Telp. 021-9311-8787My Profile

  18. saidah says:

    Baru liat traillernya Om hehehe entah bisa atau gk nih nonton filmnya, kepengen banget krn belakangan ini udah gk pernah lg nonton ke bioskop dan jd banyak ketinggalan film2 seru yg rilis akhir2 ini huhuhu
    saidah recently posted..Si Anak BujangMy Profile

  19. vizon says:

    Belum baca bukunya, apalagi nonton filmnya..
    Kalau pulang ke Jogja nanti, insya Allah saya nonton, Om.. Penasaran dengan film ini. Apalagi dengan para pemerannya, seperti yang Om ceritakan di atas. Terkhusus Ibu Savitri yang mendapat komentar langsung dari anak kandungnya di blog Om ini.. 🙂
    vizon recently posted..dahulu dan baharuMy Profile

  20. Om saya ini tipikal kurang info banget. Tahu Madre, tadi dari blognya mbak Yeye. Terus nyampai kesini eh ternyata mengulas Madre lagi..Jadi Madre..kayaknya mesti nonton 🙂
    jurnal transformasi recently posted..Kebun Organik Sadaya FarmMy Profile

  21. yuniarinukti says:

    Om saya sudah baca bukunya lho. Dan terus terang sejak nonton rectoverso saya juga tergila-gila dengan film ini. tapi sampai sekarang belum sempat nonton sih 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge