HAMIL BARU BAYAR

.

20 Mei 2013

Seperti yang saya ceritakan di “lapak sebelah”,  pada hari Senin kemarin itu, saya mengikuti seminar sehari di JCC, Senayan Jakarta.  Seminar tentang Merek-merek asli Indonesia yang berjaya.  Berjaya bukan hanya di Indonesia … tetapi juga di kawasan regional bahkan dunia.

Di lapak sebelah saya bercerita mengenai salah satu aktifitas promosi yang dilakukan oleh sebuah jaringan restoran seafood ternama di Indonesia.  Promosi yang menggunakan KTP sebagai kartu diskon.  Misalnya … sekarang anda berumur 30 tahun … maka otomatis anda mendapatkan diskon 30%.  Tentu saja promosi ini tidak dilakukan setiap hari.  Hanya pada hari tertentu saja.

.

Ada satu lagi program promosi lain dari resto tersebut yang juga membuat saya … geleng-geleng kepala !!! 

Program yang membuat saya geleng-geleng kepala tersebut adalah program … HAMIL BARU BAYAR

Apakah ini inisiatif marketing yang cerdas atau bukan ?
Apakah ini akan mendatangkan menguntungkan atau tidak ?
Apakah layak dilakukan atau tidak ?

Program tersebut dilakukan pada tahun 2012.  (Saya tidak tau apakah di tahun 2013 ini program tersebut masih dijalankan atau tidak)


Apakah program HAMIL BARU BAYAR itu ?
Idenya sebetulnya sederhana.  Jadi ceritanya … mereka menyediakan tempat, resto-resto mereka ini untuk dijadikan tempat untuk resepsi pernikahan.  Mereka menyediakan makanan dan minuman untuk 300 orang.  Mereka pun menyediakan dekorasi pelaminannya.

Dan itu semua … GRATISSSS !!! (pada awalnya !).
Mereka … keluarga mempelai … si empunya hajat … atau pasangan pengantin tersebut … baru akan membayar nanti … jika … dan hanya jika si mempelai wanitanya … Hamil !!!.  (belum hamil ? … ya belum bayar !)

(Betul-betul ide promosi yang Gila ini …)

.

Timbul pertanyaan besar dalam benak saya.

Ini bagaimana memonitornya ?
Bagaimana kita tau bahwa pasangan si ina. si inu. si anu … si fulan dan sebagainya itu sudah hamil atau belum ?
Apa di cek satu-satu … ??? ya kalau mereka tinggal di kota yang sama … kalau sudah pindah bagaimana ?
Bagaimana kalau mereka ternyata lari … raib … menghilang … belagak lupa … dan sebagainya …?

Dan seribu satu pikiran jelek lain … yang pada intinya … bermuara pada … Pasangan pengantin tersebut … Tidak Bayar !!!

Kan rugi besar itu restoran !  Akan ada banyak pasangan yang lari … atau as sopan as … berpura-pura belum hamil !

Bisnis bisa gulung tikar dalam waktu sekejap.  300 tamu per resepsi chuy …. jumlah yang banyak itu … !!!

.

Namun demikian pikiran baik saya berkata …
Ah kekhawatiran kamu itu mungkin agak berlebihan Nang !”
Betul bahwa ada kemungkinan mereka lari dari tanggung jawab.  Atau bisa saja mereka ngaku-ngaku belum hamil.  Supaya tetap tidak membayar.

Tapi … apakah masyarakat se”nista” itu ?
Orang berkeluarga … menikah … pasti didasari oleh niat baik untuk membina mahligai rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah … keluarga yang tenang, tentram, penuh cinta, harapan dan selalu dilingkupi oleh rasa kasih sayang.  Masak iya mereka mau menodainya dengan upaya “kabur” … berbohong … belagak lupa … tidak membayar resepsi pesta pernikahannya ?

Bisa – bisa nanti anak yang dilahirkan … “tidak berkah” … “nggak selamet” karena kena hukum karma … dan seterusnya dan seterusnya …

(saya tidak tau … ini pikiran baik … atau pikiran naif …)(hehehe)

.

Sekali lagi ini adalah program tahun 2012.
Apakah di tahun 2013 ini … program Hamil Baru Bayar ini masih tetap diteruskan … ?  Saya tidak tau !!!

Jika diteruskan … berarti … program ini masih on track dan masih perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

Jika tidak diteruskan …  hhmmmm … artinya … ??? …

Ada dua kemungkinan …
Yang pertama… mereka sudah tidak perlu promosi lagi karena penjualan sudah meningkat … ATAU …

Yang kedua … program ini merugi … karena (terlalu) banyak yang lari dari tanggung jawab … 🙁 🙁 🙁

.

Menurut pendapat anda …
Apakah mungkin ada pasangan pengantin …
yang meskipun sudah hamil tapi belagak lupa dengan resto ini  …
tetap tidak membayar biaya resepsi pernikahannya ?

 

Salam saya

om trainer1.

.

.

social network

nh18

Ya … saya serius …
Paling tidak itu yang saya dengar dari presentasi mereka kemarin …
dan juga dari poster yang saya lihat di web site resmi mereka

Salam saya Ummi Noofa

LJ

ngakak dulu om, kirain bohongan tyt sungguh ada promo macam begitu.

klo di klinik gigi kira2 bagusnya pake promo macam apa ya om..?
#yg bombastis gituwh.. 😛

nh18

Tolong jangan nyebut-nyebut gigi yaaaa …

Hahaha

Program yang cocok mungkin … “Tumbuh baru Bayar !”

salam saya

LJ

boleh, itu buat pasien anak2 ya om..

untuk pasien yang ‘dewasa lanjut’ mungkin bisa dgn promo ini:

pasang gigi palsu | bisa kunyah dendeng baru bayar..!

😛 😛 😛

Mugniar

Cara promosi paling aneh yang pernah saya baca. Kalo pasangan nikah langsung ke luar kota atau luar negeri dan gak balik2 lha gimana ya. Atau yang 10 tahun baru hamil? weleh-weleh ….
Mugniar recently posted..Good Bye, NgapuluMy Profile

nh18

Itulah buuu …
Saya juga heran …
Tapi yang jelas … Misi perusahaan tersebut memang sangat menarik …
mereka ingin selalu … Memberi … memberi … dan memberi …

Salam saya Bu

Pakde Cholik

1. Di Surabaya juga ada diskon dengan KTP om, saya dapat diskon 62 % kalau makan di situ. Tapi belum pernah memanfaatkannya.

2. Nah, program hamil dulu baru bayar, terus terang baru dengar.
a, Tampaknya pemilik resto memiliki tingkat ke-PD-an yang tinggi dan juga kepasrahan yang cukup.
—PD bahwa orang hamil pasti ingin kehamilannya lancar dan anak yang dilahirkan sehat dan kelak menjadi anak yang baik. Dengan ke PDan itu pemilik resto menganggap yang hamil nggak akan ngemplang.
—Kepsrahan yang cukup mengandung pengertian: jika rejeki itu memang untuknya maka yang hamil pasti akan mbayar. Jika yang hamil tidak membayar berarti itu belum rejeki pemilik restoran. Semoga mereka tetap pasrah dan ikhlas.
b. Program ini sasarannya kaum menengah kebawah. Orang kaya tentu gengsi kalau untuk pesta pernikahan saja mengikuti program ini. Kecuali orang kaya yang super pelit tentunya.

3. OOT. Sepanjang pendengaran dan penglihatan saya, kok belum ada yang mengadakan acara resepsi pernikahan di Monas ya om. Apa ada larangan ?

Salam hangat dari Surabaya
Pakde Cholik recently posted..Dituntun Itu Memang Lebih Pas Dan EnakMy Profile

evi

mereka pasti punya perjanjian yg sangat mengikat om. biasanya tidak tertulis dalam promosi. seperti pengguna kartu kredit, dimana pun orang memakai atau bertempat tinggalbank punya cara utk menagihnya. dan promosi hamil baru bayar ini benar2 out of the box
evi recently posted..Jalan di Atas GunungMy Profile

nh18

Saya rasa demikian Bu …
Bisa jadi ada perjanjian-perjanjian tertentu untuk mengikuti Promo ini

Salam saya

Yeye

Aku br dgr lho Om ada promo Hamil baru bayar hihihi

Kemungkinan bohong ada sih Om, tergantung msg2 org, klo pengen berkah tentu mrk ga akan melakukan Hal itu yah Om 🙂

nh18

Iya Ye …
Saya rasa pasti entah pengantin … entah keluarga akan segera melunasi pembayarannya
ketika mempelai wanita hamil

salam saya

nh18

Kalau saya lihat paket katering pernikahan untuk 300 orang … (di Jakarta dan sekitarnya)
itu sekitar 15 juta – 20 juta-an sepertinya …
itu jumlah yang lumayan besar menurut saya

salam saya Bu Budhi

keke naima

Jd inget dulu sempet jd becandaan promo ini sama temen2 saya hihihi. programnya keliatannya masih ada, Om. Sy masih lihat bbrp waktu lalu di salah satu resto itu. Promosinya memang cetar membahana, tapi syarat dan ketentuannya itu yang berat.

Saya cek lagi ke webnya, dan ini pendapat saya :
1. Dari sekian byk resto hanya 4 restonya yg ada program ini
2. Masing-masing resto hanya menyelenggarakan sebulan sekali => kalo digabungin sm poin 1 mereka hy menyelenggarakan 16 kali dlm sebulan
3. 300 orang untuk pernikahan itu termasuk skala kecil-menengah. Apalagi buat org Indonesia yang keluarga besar biasanya jumlah keluarganya aja udah bisa 200 org sendiri. Blm temen2. Sementara kalo nambah lebih dr 300 ada biaya 45 ribu/org dibayar di muka. Termasuk mahal harga 1 porsi segitu, Om.
4. Sistem makannya pake voucher => di kita udah terbiasa blm, ya, sm sistem voucher gini utk pernikahan. Kl utk ulang tahun anak, sih, iya
5. resto tetep buka utk umum selama pernikahan berlangsung => pertanyaan saya, apakah tamu undangan dan umum disatukan? semoga tidak 🙂
6. Calon pengantin harus bayar 1 juta dulu di muka sebagai tanda jadi => Kalo pengantin perempuan stlh nikah hamil, berarti tinggal bayar sisanya. Kalopun mereka ingkar setidaknya resto udah dpt 1 juta. Tp bagaimana kalo pasangan pengantin gak juga mendapatkan anak? Nasib uang 1 jutanya gimana, tuh? 🙂
keke naima recently posted..Tidur di JalanMy Profile

nh18

Yang jelas 45.000/orang kali 300 orang sama dengan 13.5 juta rupiah
menurut saya ini lumayan …

Mengenai nasib satu juta ?
Ya itu uang yang hilang … menjamu 300 orang dengan hanya satu juta saja … itu sudah sangat membantu … again ini menurut saya

Salam saya Chi

dey

beneran ya Om ada promo kayak gini ?
Tapi mungkin sebelum ngikutin promo ini, ada perjanjian yang harus di ikutin.

yuniarinukti

Kalau menurut saya ya Om, untuk ngomongin promosi orang-orang kita cerdas namun cenderung njebak 😀
mereka pinter banget kalau bikin bahasa iklan, sedangkan si pembaca iklan juga cenderung mudah percaya. Jadi kalau saya simpulkan promosi itu memang benar adanya, tapi sebagai konsumen kita jangan lupa, bacalah baik-baik dan seksama keterangan kecil dibawah yang diawali tanda bintang. sebelum bertindak lebih baik cari tau dulu ketentuannya seperti apa 🙂

nh18

Betul banget …
namun demikian … 300 tamu … plus dekorasi pelaminan … gratis … (atau paling tidak bayar uang tanda jadi 1 juta seperti kata Chi diatas …) sudah sangat menolong mempelai …

(pengalaman pribadi, memikirkan bagaimana nilai sejuta atau dua juta bantuan itu … rasanya sangat berharga banget)

Salam saya Mbak Yuni

inon

bener inyiak,, biasanya ada syarat dan ketentuan berlaku,,
mungkin nilai yang harus di bayar itu cuma sekian persen,, aja jadi pelanggan cuma bayar DP dulu

tapi kayanya 2013 program ini masih berlaku deh, soalnya kemarin ada temen ku yang bahas ini

nh18

Walaupun demikian …
menurut saya … ini merupakan keringanan yang sangat membantu kedua mempelai

salam saya

monda

kayaknya tau lah oom resto itu, resto tempat kopdarku dgn si essip ya
waktu tau promo ini tahun lalu .., aku cuma mikir ide ini terlalu bombastis, emang ada gitu yg mau pake
apa nggak malu sama kerabat bikin pesta kok ngutang he..he…
monda recently posted..Lirik Lagu Mandailing KetaboMy Profile

nh18

Ada yang pakai promo ini atau tidak ?
mmm … saya kurang begitu tau Kak …
sepertinya sih ada…
saya rasa ini adalah pilihan masing-masing

Salam saya

vizon

Menurut saya, tentulah ada perjanjian tertulis sebelum perhelatan tersebut diselenggarakan, Om. Dengan perjanjian tersebut, kedua belah pihak terikat satu sama lain. Sehingga, kecil kemungkinan pasangan suami-istri baru tersebut berlaku curang..

Tapi, sebagai sebuah terobosan, hal ini benar-benar gila..
Saya suka dengan caranya..
vizon recently posted..dear papa-mamaMy Profile

ais ariani

setahu aku yah oom, program ini masih ada kok, aku baru tahu soal program ini beberapa minggu yang lalu malahan. tapi bener kata pakdhe, kemungkinan yang akan menggunakan ini kaum ekonomi menegah ke bawah. dan setahu aku, gengsi orang Indonesia kan gede. kalok bikin resepsi di situ ketahuan dong ikut promo gratisan?
yang pasti ogah banget sepemahaman aku buat orang Indonesia, yakan?
ais ariani recently posted..Bagaimana JikaMy Profile

Alris

Minimal program promosi resto itu membantu meringankan biaya calon pengantin. Merealisasikan program “gila” ini saya salut sama pemilik resto itu, jiwa ikhlasnya udah tingkat tinggi, hehe…
Pernah teman cerita, ada warung nasi goreng yang memberlakukan makan gratis bagi ibu hamil pada hari jumat dan itu sudah berlaku sejak warung nasi goreng itu buka. Rejekinya makin hari malah makin naik.
Alris recently posted..NostalgiaMy Profile

Wong Cilik

promosi yang sangat unik … presenternya nggak nyebutin berhasil tidaknya program ini ya Om …
menarik untuk dikaji. Kalau hamilnya lama, gimana perhitunganya dengan pengaruh inflasi ya?
Wong Cilik recently posted..Partai FinalMy Profile

applausr

saya rasa kalau promo seperti ini, harusnya dilandaskan niat yang baik. tentunya juga mereka sudah membudgetkan untuk resiko kehilangan. Khan budget marketing ya harus habis dan hilang… karena mereka sudah mendapatkan word of mouth berapa banyak coba… ide yang menarik…
applausr recently posted..3 Tahun BersamaMy Profile

ded

Promosi yang unik Om, saya juga baru dengar.
Mungkin mereka ingin beda dari yang lain, atau mereka sudah pernah melakukan survey terhadap sekian ribu orang.
Jika cara di atas dijalankan berapa persen kemungkinan orang/pasangan tersebut berbohong (teori probabilitas), dan mungkin juga ada kiat-kiat dari mereka untuk mengikat sang pengantin maupun keluarga terdekatnya:)
ded recently posted..MAKAN SIANG YANG TELATMy Profile

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge