360 VERSUS 180

Lengkapnya 360 derajat versus 180 derajat.

Pernahkah teman-teman narablog, membaca tulisan entah di mass media atau mendengar di TV.  Sebuah kalimat yang kurang lebih berbunyi …

… jika ditinjau dari performanya … kedua jenis mesin tersebut sangat berbeda 360 derajat

atau ada juga tulisan …

… sifat kedua saudara tersebut sangat berbeda 360 derajat …

 

Ungkapan tiga ratus enampuluh derajat dipakai untuk menggambarkan perbedaan yang tajam.  Menggambarkan sesuatu yang kontradiktif, berlawanan.

Namun demikian setelah saya pikir-pikir … apa betul ungkapan ini ?

Kalau di matematika … sudut lingkaran penuh itu adalah 360 derajat.  Ibarat Jam … itu artinya dari angka 12 berputar ke angka 12 lagi.  Kembali ke tempat semula … tempat yang sama.  Tidak berbeda …

Mungkin seharusnya jika ingin menggambarkan sesuatu yang berseberangan … berlawanan … bertolak belakang … ungkapan yang benar adalah … seratus delapan puluh derajat.  Antara ujung yang satu dengan ujung lainnya…  Karena seratus delapan puluh derajat adalah sudut (mutlak) paling lebar.

Jadi kata-kata yang benar untuk kasus diatas adalah …

… jika ditinjau dari performanya … kedua jenis mesin tersebut sangat berbeda 180 derajat
… sifat kedua saudara tersebut sangat berbeda 180 derajat …

 

Begitu bukan sih ?

Untuk yang mengerti masalah ini …
Mungkin bisa menjelaskan lebih lanjut …

 

Salam saya

om trainer1.

.

.

.

Incoming search terms:

  • perubahan 180 derajat artinya
  • 360 derajat berbeda artinya
  • perubahan 360 derajat salah seharusnya 180
  • perbedaan perubahan cinta berpaling 180 derajat dengan 360 derajat
  • hog rider 360 derajat apa artinya

social network

niken kusumowardhani

Ya 180 derajat dong yang menyatakan perbedaan. 360 derajat sih ga kemana-mana. Mungkin karena angkanya lebih gede, jadi berasa jauh bedanya, padahal muteeer, balik lagi keasalnya.

Salam om.

keke naima

persis, Om. Pemikiran kita sama. Biasanya kalau ada teman atau keluarga yang ngobrol seperti itu dekat saya, suka saya celetukin, “Yeeeyyy … sama aja, dong.” atau “Itu, sih, namanya balik lagi.” 😀
keke naima recently posted..Belajar MemanahMy Profile

marsudiyanto

Kalau yang dimaksud adalah bertolak belakang, maka pastinya ya yang 180 derajat Om.
Kalau 360 itu malah kembali ke posisi semula.
Selain kesalahan tersebut, mungkin Om NH pernah mengamati kata2 pembaca berita tentang ungkapan “bergeming”.
Yang ini juga sering salah ucap.
Menurut saya, bergeming itu artinya bergerak/pindah tempat/ganti posisi atau yg gitu2lah.
Tapi penyiar sering salah total (menurut saya).
Misalnya gini : Ada warga mau digusur, tapi dia menolak meski diganti rugi yg besar sekali.
Nah untuk mengungkapkan bahwa orang tersebut teteap nggak mau pindah dan kekeuh tinggal disitu, pembaca berita bilang gini : “Meski diganti rugi 10 milyar, tapi warga tersebut tetap bergeming”
Menurut saya, yg tepat adalah “tidak bergeming”.
marsudiyanto recently posted..Tukar LinkMy Profile

Tt

Nah? Adakah yg nyebut perbedaan yg bertolak belakang itu mjd berbeda 360 derajat? Kembali ke titik awal donk, alias sama saja 🙂
Kalau utara selatan, ya 180 derajat 🙂

alaika

Bener banget itu, Oom. Terkadang, orang tidak ngeh, saking ingin mengungkapkan sebuah perbedaan secara mencolok, dramatis, sering menggunakan kata 360 derajat, padahal itu artinya tidak ada perbedaan sama sekali. Hihi.

Jadi yang benarnya, memang 180 derajat, itu udah yang paling ekstrim/mencolok. 🙂

Apa kabar di hari Minggu ini, Om? sehat dan happy bersama keluarga yaaa. 🙂

evi

Om, mungkin maksudnya jangan di lihat di titik sudutnya krn itu menggambarkan di titik nol. Tapi mesti melihat panjang perjalanannya, sstu lingkaran penuh 🙂

Oyen

manut, bener yang 180 derajat
nek iki komenge berarti 380 derajat, soale melu-melu liane… xixixixi 😛

prih

Versi ngaco yang lain ….., berbeda 180 derajat setelah dievaluasi koq tidak sesuai dengan performa yang diharapkan, maka diputar lagi 180 derajat. Gerakan go to nature mungkin juga begitu ya mbalik ke asal setelah muteeer 360 derajat. Salam
prih recently posted..Mengasah Kemampuan Respon TerpimpinMy Profile

Lyliana Thia

Jujur saja Om, sampe sekarang saya belum pernah mendengar/ membaca orang yg menyatakan perbedaan dgn istilah 360 derajat, biasanya memang 180 derajat.. Wah berarti saya kurang membaca nih ya.. ♓ã²=D…

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge