AMAN DIMINUM

.

Saya tersenyum ketika menonton salah satu iklan yang tayang di televisi …

Sebuah produk minuman … dengan tag line / slogan … “Minuman XYZ … Aman Diminum …”

Dalam hati saya berkata … ya iyalah … ente kan menjual produk minuman … ya tentu saja harus aman diminum dong … nggak perlu diteriakkan melalui slogan lagi.  Aman adalah syarat paling mendasar yang harus dipunyai oleh sebuah produk minuman atau makanan.  Semua produk makanan dan minuman itu harus aman … (seharusnya) tak perlu di claim lagi.

 

Untuk memperjelas, mari kita lihat contoh produk imajiner seperti ini …

“Hand Phone merek “NH”, bisa bertelfon tanpa kabel”  (ya sudah tentu dong gan)

“Gula “ANU”,  Manis rasanya !” (ya iya lah … namanya juga gula …)

“AC “XYZ”, dingiiinnn … !!! (lha ???)

.

Seyogyanya … yang namanya slogan atau tagline itu (salah satunya) … paling tidak harus menjelaskan kelebihan produk anda … 

Apa yang anda bisa … apa yang anda punya …
Tapi produk lain tidak punya … tidak bisa dilakukan oleh produk kompetitor anda …

(bahasa “songong” khas konsultan nya berbunyi … Competitive Advantage)

 

Salam saya

om trainer1

social network

LJ

The Ordinary Trainer’s voice.. tidak jorok, tidak nyontek, tidak bohong.
BlogCamp.. ngeblog sing enak tapi gak sak~enake !
Metamarsphose.. marsculine – marsterly – marsvelous.
Padeblogan.. no komen no cry.

teramati bahwa tagline di atas cukup punya advantage kompetifitasi untuk mengkudeta pembaca.

arman

walaupun saya gak tau konteks aslinya, tapi mungkin (mungkin ya om…) ada kejadian minuman merk lain yang ternyata terbukti gak aman untuk diminum. hal ini mengakibatkan banyak konsumen minuman sejenis jadi sangsi dan gak berani beli minuman model2 kayak begitu. jadinya minuman xyz ini ngasih reassurance ke konsumennya kalo minuman ini aman diminum.

kalo tentang hp iklannya bilang telpon tanpa kabel sih bener2 konyol ya, tapi kalo yang ac dingin itu balik lagi mungkin konteksnya sama ama di atas. karena udah banyak sekali ac2 china yang kualitasnya payah kan om. gak terlalu bisa dingin. jadilah ac2 lain bilang di iklannya kalo ac dia bisa dingin.

gitu kali ya om… 😀
arman recently posted..Weekend FiveMy Profile

marsudiyanto

Mungkin pegawai biro iklannya itu tidak diseleksi menurut kompetensi tapi KKN Om.
Ibarat SIM tembakan.
Atau jangan2 jaman sekarang ini orang sudah banyak yang jadi robot ya, apa2 tanpa dirasakan…
Meski cuma tulisan atau slogan (apalagi iklan), mustinya dibaca berulang2 sambil dirasakan, agar setelah ditayangkan nggak bikin bahan ketawaan…
marsudiyanto recently posted..Ada Banyak VickyMy Profile

niee

Tapi bener juga kata mas arman om. jadi kadang produk hanya menjual saja tanpa ada segi keamanannya..

Ehtapi aku kira ini yang diangkat produk penyulingan air itu.. bukan sepertinya yak?
niee recently posted..Cerita Cerita..My Profile

Orin

Terkadang Om, decision maker yang ‘unik’ akan menciptakan iklan yg aneh bin ajaib semacam demikian. Sudah sering mengalami di kantor soalnya, banyak konsep kreatif yg ditawarkan, tapi BOD memilih materi iklan yg ‘ngga bgt’ dan tidak punya pilihan lain selain mengerjakannya >_<
Orin recently posted..#Cerfet : Pelangi Rindu (3)My Profile

yayats38

Analisisnya seru ni si Om he he. Kapan2 pengen baca deh analisis ngiklannya para politikus atau capres cawapres he he. Pasti seru deh 😀

vizon

Ini iklan yang mengatakan kalau minuman mereka sudah melalui uji laboratorium di UGM maupun IPB itu kan Om..? Hehehe… Barangkali maksud mereka adalah bahwa produk tersebut aman diminum karena prosesnya adalah dari air sumur kita dimasukkan ke alat yang mereka jual dan lantas sudah bisa langsung diminum. Jadi, jualan mereka bukan air minum, tapi alat penyulingnya itu.. CMIIW.. 🙂
vizon recently posted..ini bukan soal waktu..!My Profile

Nh18

Bukan uda. Kalo itu sih saya bisa ngerti karena memang mereka menjual alat pemurni air. Yang saya maksud disini adalah minuman kopi dalam kemasan.

advertiyha

Yang menyedihkan adalah…
Proses kreatif, brainstrom berhari-hari, tarik urat, otot dan otak, hanya akan kalah dengan satu kata “revisi”
karena apa? client tidak suka, clent tidak menghendaki kata-kata kreatif kita,, sekian..

hehhehe *curcoll niyeeeeeeee…

salam sayang Oom

Pakde Cholik

Betul Om, kenapa ya mereka begitu itu.
Lain halnya iklan yang saya baca pada tahun 1960 di sebuah koran.
“Dulu Gatutkoco hanya satu, sekarang ada seribu. Karena ada Pil Kita ”
Ternyata kalimat itu sekarang masih. Di TV iklan pil itu menampilkan Gatotkoco bersama seorang wanita. Sayangnya pemeran si Gatotkoco kok agak tua ya. Apa karena sudah lama itu ya.

Salam hangat dari Surabaya
Pakde Cholik recently posted..10 Tugas PelajarMy Profile

Lingga

Klo g gtu,. g menarik perhatian yg liat iklannya..
D pasar jg bnyak, jual ikan segar (pasti segar lah),. klo segarnya di ilangin,. Jadi –> Jual Ikan (dah Pasti di Jual),.
Jualnya di ilangin—> Ikan (Dah pasti ikan)..
Klo Ikannya di ilangin,. brati g jdi deh menarik perhatian yg beli…

Zizy Damanik

Hahah…
Iya ya Om, kalau gula ya pasti manis… masa asin. Duh kekeh sendiri membayangkannya…

Tapi kalau soal minuman, memang sekarang ini harus pilih2 ya Om. Gak jelas mana yang memang aman, mana yang pakai gula buatan, dll..
Zizy Damanik recently posted..Di Sebuah KafeMy Profile

Lyliana Thia

jd kalo bikin tagline seharusnya yg lebih unik, lebih ngejual yah Om hehehe…

tapi iya lucu sih, kalo iklan AC.. “dingiiin…”

jd pengen senam “yang iya iyalah” ehehe
Lyliana Thia recently posted..Angka SialMy Profile

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge