CONSUMER ENGAGEMENT

Consumer engagement pengertian sederhananya adalah suatu (rangkaian) aktifitas yang dilakukan oleh produsen produk atau penyedia jasa untuk mendekatkan produk/jasanya pada konsumen.  “Bertunangan” dengan konsumen.  Membina kedekatan dengan konsumen.  Membangun “keterlibatan emosional” konsumen. 

Mungkin dulu orang lebih familier dengan istilah aktifitas iklan dan promosi.  Di zaman sekarang iklan dan promosi saja tidak cukup, harus disertai upaya untuk membina kedekatan yang lebih intim dengan konsumen.

Tanpa bermaksud untuk beriklan, kali ini saya ingin mengangkat salah satu upaya “consumer engagement” yang cerdas yang dilakukan oleh sebuah toko peralatan fotografi terkenal, dan bergengsi yang terletak di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

(bukan konsumen sebenarnya)

.

Apa yang mereka lakukan?

Sederhana saja.  Mereka memfoto konsumen yang baru saja membeli peralatan fotografi di toko tersebut satu per satu dan mengunggahnya di social media Instagram.  Mereka mengunggah foto konsumen yang berpose sambil membawa produk yang dibelinya disertai ucapan : “Dear Mr. Nanang Hernanto thank you for shopping at ***KEMANG!”

Dan namanya juga toko peralatan fotografi, foto yang diunggah terlihat sangat tajam, kualitas gambarnya bagus dan tidak asal jepret.  Saya tidak tau apakah mereka memilih konsumen yang akan dipotret atau tidak, namun entah mengapa mereka yang difoto itu, baik tua atau muda, laki-laki atau perempuan, semuanya telihat keren, cantik, ganteng, charming.  Eiylekhan!

Ada pula beberapa foto yang hanya berupa gambar produk saja, tanpa ada wajah konsumennya.  Tetap disertai ucapan :”Dear Mrs. Nuning Hertanti thank you for shopping at ***KEMANG!” 

Menurut perkiraan saya, konsumen yang bersangkutan (i.e Mrs. Nuning) mungkin keberatan jika wajahnya difoto dan diunggah ke social media.  Toko ini tetap menjaga privasi dari masing-masing konsumennya.  Jika tidak berkenan ya tidak diambil gambarnya.  Hanya yang berkenan saja yang diunggah ke social media.  (Atau bisa juga orang yang datang itu merupakan suruhan dari konsumen aslinya)(bisa sopirnya? pegawainya? asistennya? dsb)

Inisiatif sederhana ini (menurut saya), akan mempunyai paling tidak, tiga manfaat.

Bagi konsumen, hal ini bisa menumbuhkan rasa bangga, mereka merasa dihargai.  Disebut namanya secara personal plus wajahnya bisa “nampang” di official social media toko yang terkenal tersebut.

Bagi pabrikan (produsen kamera, tripod, lensa, tas kamera dan sebagainya) ini tentu saja bisa menjadi ajang promosi gratis.  Pembaca pasti melihat, wah kamera merek anu tipe XYZ banyak yang beli ya, sepertinya bagus ini, wah tas kamera merek itu warnanya bagus ya dsb.dsb.dsb

Bagi toko yang bersangkutan tentu ini bisa menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen setianya.  Harapannya tentu konsumen tersebut (contoh : Mr. Nanang dan Mrs. Nuning tadi) bisa datang kembali, untuk belanja peralatan yang lain.  Dan calon-calon konsumen yang lain pun tidak tertutup kemungkinan akan tertarik untuk berdatangan ke toko, gara-gara melihat foto yang diunggah di social media tersebut.  Entah karena memang tertarik dengan produknya atau mungkin ingin “exist” juga di official social media toko yang bergengsi itu.

Upaya sederhana inilah yang biasa disebut orang : “consumer engagement”.  Upaya mendekatkan diri kepada konsumen.  Membangun keterlibatan emosional antara produsen, produk dan konsumennya.

Anda mau nampang di official social media mereka?

Salam saya

(yang sedang ngekepin dompet, menahan hasrat diri yang membuncah inih)

(pengen banget ke sana!)

.

.

.

.

social network

This entry was posted in Training and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to CONSUMER ENGAGEMENT

  1. Felyina says:

    Mau banget, Om. Asal fotonya pas saya keliatan cantik dan kurus. Hahahahaha…. sebel akyuh kalo kadang difoto candid trus dipajang di medsos, iya di foto itu, produknya keliatan kece, tapi sayanya pas lagi garuk-garuk hidung atau lagi mrongos. *nangis
    Felyina recently posted..NGOBROL: Tahun 2017, Tahun Panen HARPIT/PETNASMy Profile

  2. monda says:

    baru ngeh oom dengan consumer engagement..
    nggak lain maksudnya buat branding ya .. yang bisa banyak imbas positifnya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge