PACKAGING

Packaging.  Kemasan.  Pembungkus.  Packaging intinya adalah wadah untuk menempatkan atau membungkus suatu produk.

Ada beberapa fungsi dasar packaging.

Fungsi packaging yang paling utama tentunya adalah untuk melindungi produk agar kualitasnya tidak berkurang, jika nanti sampai di tangan konsumen.  Packaging melindungi produk saat transportasi, pengiriman, penyimpanan di gudang maupun saat didisplay di rak pajangan para penjual

Packaging juga berfungsi untuk identifikasi dan tempat mencantumkan informasi bagi merek produk yang bersangkutan.  Di atas kemasan tersebut para pabrikan bisa mendesign logo, branding, nama merek dan sebagainya.  Bukan itu saja, mereka juga bisa mencantumkan informasi-informasi lain yang berkaitan dengan produk tersebut.  Ingredient, content, kandungan gizi, komposisi bahan, sertifikasi halal, kode kedaluarsa, kontak layanan konsumen dan sebagainya.

Untuk beberapa produk, packaging juga memudahkan konsumennya untuk membeli dengan ukuran /jumlah yang sesuai dengan apa yang diinginkan/dibutuhkan.  Kemasan satu kilo, satu liter, 20 pieces, satu galon, 225 ml, se lusin dan sebagainya.

Dalam perkembangannya, ternyata packaging tidak hanya berfungsi untuk melindungi, identifikasi, informasi dan menunjukkan satuan penjualan.  Packaging telah berkembang fungsinya ke hal-hal yang lain.

Salah satu inovasi sederhana yang saya pujikan adalah design packaging sebuah produk kudapan kripik kentang multi nasional.  Dengan cerdiknya tim brand/product management perusahaan tersebut mendesign packaging productnya sedemikian rupa, sehingga kemasan tersebut bisa dijadikan properti untuk selfie.  Caranya hanya dengan menambahkan gambar mulut tersenyum saja!

kemasan diperankan oleh model (source : clipart, mspowerpoint)

Saya sempat browsing sana-sini, ternyata kampanye marketing ini awalnya berasal dari Thailand.  Karena dinilai berhasil, lalu mereka menduplikasi inisiatif ini ke beberapa negara lainnya, termasuk Indonesia tentu.  Sebuah negeri yang penggemar selfienya relatif banyak!

SO …

SMILE!

Salam saya

.

.

.

.

social network

This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

10 Responses to PACKAGING

  1. Retno says:

    Makin ketatnya persaingan usaha menuntut pelaku usaha untuk semakin kreatif atau akan tersisih… 🙂

  2. wah sangat berguna nih info untuk saya untuk bisnis online saya,,, thanks for share,

  3. Inge says:

    Ahahaha… Beneran Om… Bisa menarik pasar sih, walau gak sedikit yang selfie di tokonya dan berujung nggak beli itu snack… Yang penting kekinian duluuu kalo kata temen hahahaha.

  4. ririe khayan says:

    Packaging sudah mengalami perkembangan fungsi dan manfaat ya Om.

    Yang semakin terlihat memang packaging saat ini memiliki peran kuat sebagai daya tarik juga

  5. Saya selalu tertarik dengan packaging. Semoga suatu saat saya punya produk dan packaging-nya menarik. doanya ya om… 🙂

  6. arman says:

    kok gak ada fotonya om NH lagi selfie sama si kripik itu? 😀

  7. Packaging jadi branding juga ya pak.

    salam

  8. felyina says:

    Ah, bener banget, Om. Saya juga ikutan latah beli keripik itu, lho. Sebetulnya saya memang gemar makan keripik itu, tapi udah lama puasa micin *pencitraan.

  9. vizon says:

    Setuju Om… strategi marketing kripik tersebut melalui pembungkusnya itu saya bilang sangat cerdas dan kekinian. Mereka mengerti betul bagaimana kebutuhan masyarakat saat ini. Selfie adalah bagian yang tak terpisahkan dari keseharian kita.. 🙂

  10. Agung Rangga says:

    Kadang, kemasan yang desain & bentuknya menarik malah bisa jadi pemikat utama melebihi merek dari produk tersebut. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge