BANDARA NGURAH RAI

3 Januari 2013

Hari ini saya ke Bali.  Ini perjalanan luar kota pertama saya di tahun 2013 ini.
Seperti biasa saya ambil flight pagi hari, terbang jam 06.05.  Jam 8.30 WITA saya sudah di Bali.  Meeting di kantor perwakilan kami di sana … urus ina inu ina inu … singkat kata meeting selesai … Jam sudah menunjukkan pukul 14.00.

Rencananya saya akan kembali ke Jakarta hari ini juga.  Balik hari.  (Biasaaaa … cuma numpang pipis di Bali doang … )(hahahhaha)(Om-om … gayamu …!)

Tertulis di tiket saya, saya dapat penerbangan yang …

• jam 18.25 status … Waiting List.
  • jam 22.35 status … Confirmed

Rencananya saya akan mencoba peruntungan saya untuk mengantri di penerbangan yang 18.25 itu, siapa tau saya bernasib baik, sehingga bisa dipanggil naik … kalau-kalau ada penumpang(-penumpang) lain yang melakukan last minute cancelation atau terlambat melapor karena terjebak macet.  Sore itu Denpasar memang macet sekali.  Cuaca Hujan.  Dan kebetulan di simpang siur juga ada pembangunan jalan.

Sampai di Bandara saya kaget.  Suasananya ramai … amat sangat ramai sekali.  (Tukul bilang … weri weri krodit).  Saya sedikit agak bingung karena ternyata … lay out terminal keberangkatan ini baru.  Kalau boleh saya katakan … ini kondisinya masih sangat darurat.  Masih terlihat pekerja-pekerja kontraktor pembangunan membenahi sana-sini.  Kabel-kabel masih seliweran.  Lantai masih semen belum di polish dan sebagainya.  Menurut penuturan petugas bandara.  Bangunan baru ini baru 6 (enam hari) difungsikan.  (mungkin disesuaikan dengan peak season Bali)(Liburan Akhir Tahun)

Sore itu terdapat antrian panjang penumpang di loket check in.  Ini arus balik liburan.  Bali rupanya masih menjadi tujuan wisata favorit di negeri ini.  Anak-anak kecil yang berlarian … bayi yang nangis kepanasan … menambah semrawutnya suasana bandara hari itu.  Daaannn yang lebih asik lagi … sore itu ada gangguan pada sistem computer ticketing mereka.  Suasana tambah tidak keruan.  Komplit sudah !!!

Melihat kondisi ini … saya pesimis bisa mendapatkan kursi di penerbangan 18.25  Akhirnya saya ambil saja penerbangan yang jam 22.35.  Yang artinya saya akan menggelandang di Bandara baru tersebut sekitar 6 – 7 jam.  Lumayaaaaannn … (lumayan lama maksudnya …)

Saya pun masuk ke dalam terminal baru itu.  Kelebihan dari terminal keberangkatan Bandara Ngurah Rai yang baru ini adalah … “more spacious”.  Jaaaauuuuhhh lebih luas daripada terminal keberangkatan yang lama.  Saya sempat melihat deretan kios-kios penjual cindera mata, kios makanan, mini market, lounge executive … semuanya masih dalam kondisi darurat … masih relatif berantakan.

Saya perhatikan … sekalipun sekarang ruang tunggunya jaaaauuhh lebih luas … namun malam itu … seluruh kursi terisi penuh sesak.  Sekali lagi … ini adalah masa-masa puncaknya arus balik liburan.

Semoga Bandara Ngurah Rai pembangunannya bisa cepat rampung …
Sehingga kenyamanan para penumpang bisa lebih ditingkatkan lagi.
Dan para turis domestik maupun manca negara pun menjadi lebih nyaman pergi ke Bali …

Salam saya

om trainer.

social network

25 thoughts on “BANDARA NGURAH RAI

1. Hai Pak Rom …
      Apa kabar … ?

hahaha … benar ini pengalaman yang “menarik” pak …
      (asal jangan sering-sering tentunya)

salam saya

1. Hahaha …
      Tapi … saya yakin dalam kamusnya Abi sekarang …
      setiap hari adalah hari madu
      setiap bulan adalah bulan madu …
      dimana saja … kapan saja … !

Bukan begitu ?

Salam saya Abi

1. Untuk keadaan darurat mengantisipasi lonjakan wisatawan untuk musim liburan sementara bandara Ngurah Rai Bali mau tidak mau harus siap menampung ini semuanya ya Om. Sedangkan rencananya bangunan itu belum layak dan terkesan terlalu dipaksakan untuk dipergunakan dalam masa liburan akhir tahun 2012 kemarin.

Memang beberapa tahun bila mengunjungi Bali harus bisa mensiasati waktunya Om, karena Bali sedang besar-besaran membangun dan mempugar daerahnya, jadi dimana-mana macet. Lebih parah macetnya daripada Jakarta.

Dan sebentar lagi Jakarta pun akan menyusul macet yang lebih padat lagi. Namun, 5 tahun kedepan Bali dan Jakarta akan menjadi tuan Rumah yang enak dinikmati dengan panorama dan keindahan yang sangat menakjubkan, dengan kelancaran transportasi yang ada.

Kalau hal ini dapat berjalan sesuai rencana dan aturan disiplin warganya dan tidak terganggu dengan oknum aparat yang hanya mengkali dan kabur dari permasalahan ya Om.

Wah….. jadi panjang komenku. He…x9
    Sukses selalu ya Om
    Salam Wisata
    Ejawantah Wisata recently posted..KEBUN RAYA BOGOR OBJEK WISATA KEBUN BOTANI TERTUA DI ASIAMy Profile

1. Ahaaa …
      ini khas banget ejawantah wisata …
      ejawantah akan bersemangat … terutama kalau berkaitan dengan wisata …
      dan itu yang saya suka

salam saya

1. Lebih mirip pengungsian Rin …
      Saya sering lihat bandara yang rame dan penuh

tetapi yang kemaren ini … memang bener-bener luar biasa …

salam saya Rin

2. Aiih Ooooom…
    Untuuuuuung ajah rencana liburan ke Bali kemaren aku cancel…
    karena udah bisa mem prediksi bakalan rame dan ribet…
    Kalo gak bakalan kejebak di bandara kayak Om deh…hihihi…
    *sumpah boong banget inih komen nya*
    *nunggu menang arisan RT dulu baru liburan ke BAli…hihihi..*
    Bibi Titi Teliti recently posted..Liburan Bermanfaat!My Profile

1. Berdoa semoga Bibi dapet arisan ibu-ibu RT …
      baik RT disini maupun di RT sebelah …

salam saya Bi

1. Ini bukan delay sih Mbak …
      cuma dapet pesawat yang lebih malam saja …

apa yang saya lakukan ?
      ya … tenguk-tenguk … sampe bosen …
      hehehe

salam saya Mbak
      nh18 recently posted..BANDARA NGURAH RAIMy Profile

3. Ok kan capek sekali kalau dapat jam selarut itu. Sampai di Jakarta tengah malam, amankah sampai ke rumah? Rumah dari bandara jauh gak…. Hahahaha, saya yg worry karena sejujurnya saya gak berani pulang semalam itu bila tidak dijemput.

Sudah lama tak ke Bali. Tapi kalau memang jadi lebih luas tentu harus segera dikebut biar penumpang yang menunggu nyaman. Kayak di luar negeri sih maunya, biarpun 6-7 jam menunggu asal nyaman, tetap asoooyyyy……
    Zizy Damanik recently posted..Tas Boneka Cantik dari PontianakMy Profile

1. Ya … melelahkan Zee …
      dan semakin melelahkan … karena kondisi di dalam terminal masih diperbaiki sana-sini …
      tapi saya yakin … jika sudah jadi … pasti akan nyaman …

Salam saya Zee

4. menggelandang di Bali – jd inget pengalaman sy sendiri waktu masih ngantor.
    Biasanya kl pada dpt tugas ke Bali, kita2 suka nambah. Yg harusnya pulangnya Jum’at minta tiketnya di booking utk kepulangan Minggu (2 hari jalan2 di Bali. :D)
    Tp karena wkt itu sy ngejar reuni, kali itu sy gak ikut nambah cuma temen2 yg tetep di Bali. Sy perkirakan cukup la waktunya buat sy ngejar ke acara reuni di Jkt.. Gak kepikiran sama sekali kalo pesawat bakal delay berjam2..
    Akhirnya kejadian deh, sy luntang-lantung di Bandara berjam2. Reuni gak kekejar. Tau gitu sy ikut temen2 sy deh liburan di Bali.. Hehehe…
    keke naima recently posted..Hadiah RaportanMy Profile

5. Wah berarti kalau ke Bali dapat terminal baru ya om
    Pengin nich nganyari, sudah lama nggak ke Bali je
    Kenyamanan, kepastian, keamanan memang menjadi idola wisatawan.

Jangan lupa ikut GA di BlogCamp dengan berperan sebagai penyidik ya om.

Salam hangat dari Surabaya
    Pakde Cholik recently posted..Misteri di Balik LayarMy Profile

1. Betul Pak De … semoga cepat rampung … sehingga pengunjung bisa lebih nyaman berkunjung dan berkunjung kembali ke Bali

6. Wah Om, kalau weri-weri krodit gitu bisa jadi peluang usaha ya, jualan air minum kemasan ato es buah. Hihihihi *lu kata terminal Dan! :P
    Saya sendiri bagaimanapun situasi dan kondisinya belum pernah merasakan berada di sana Om, aka belom pernah ke Bali. JAdi mohon doanya supaya bisa suatu saat mengunjungi Pulau Dewata itu.. :D
    dani recently posted..Musik Pengiring TidurMy Profile

1. saya percaya … suatu saat nanti …
      Jika Allah mengijinkan
      Dani, Mbul dan keluarga bisa berkunjung kesana.

7. harusnya om bilang, nanti aku temenin, hehe..
    aku belum merasakan ruang tunggu baru, soalnya waktu balik tgl 14 des 2012, belum difungsikan, masih pake ruang tunggu yang lama. Tapi sepulangnya ke Bali memang sudah lewat pintu keluar yang lain. Kalo nggak salah dulunya yang dipakai sebagai pintu keberangkatan mancanegara :D