PENCITRAAN

.

Sering dengar kata ini ?
Apa artinya menurut pendapat anda ?
Konotasinya negatif atau positif ?

.

Menurut pendapat saya pribadi … pengertian Pencitraan adalah suatu (rangkaian) upaya sengaja, yang bertujuan untuk membentuk opini atau persepsi seseorang, sekelompok orang atau khalayak ramai.  Terhadap sesuatu hal, individual, kelompok atau obyek apapun.

.

Ini Negatif atau Positif ?
Saya tidak akan menjawabnya …
Namun mari kita lihat ilustrasi imajiner dibawah ini …

Kasus Pencitraan 1 : Seorang A.
A adalah seorang kontestan calon Bupati, yang akan maju pada pemilihan yang akan datang.
Sejak dulu … waktu masih kuliah di tingkat 1, A punya kebiasaan baik.  Di setiap hari Ulang tahunnya dia selalu mentraktir anak-anak yang kurang mampu.  Sebagai bentuk perwujudan rasa syukurnya.  Dulu Waktu masih jadi mahasiswa dia hanya bisa mengajak satu atau dua orang anak saja.  Itupun hanya makan bakso di pinggir jalan.  Disesuaikan dengan kondisi keuangannya yang terbatas waktu itu sebagai mahasiswa.  Namun seiring dengan berjalannya waktu.  Seiring dengan semakin mapannya kemampuan ekonominya,  A sedikit demi sedikit bisa memperbesar jumlah anak yang diberinya makan.  Kualitas makanannya pun tentu makin lama makin baik.  Setiap tahun dia selalu melakukan hal ini … disetiap ulang tahunnya …
Demikian juga tahun ini … saat dia mencalonkan diri sebagai Bupati … ketika dia ulang tahun dia mengundang anak-anak yatim/piatu yang kurang mampu untuk makan-makan di rumahnya.  Ada seratus anak yang diundangnya …  Media lokalpun meliputnya …

Kasus Pencitraan 2 : Seorang B.
Seorang pesohor.  Sehari-harinya … sebelum kejadian ini terjadi.  B tidak pernah memakai pakaian muslim.  Pakaian yang dikenakannya selalu pakaian bermerek dari luar negeri dan selalu mengikuti mode dunia.  Bahkan kadang kala terbuka disana sini … dan menonjolkan lekuk liku … sisi-sisi “kewanitaannya”.  Namun sejak dia dilaporkan oleh seorang temannya … atas tuduhan penggelapan uang dan kasus-kasus pelanggaran perjanjian bisnis lainnya … Pakaian yang dikenakan oleh B tiba-tiba saja menjadi sangat berbeda.   Apalagi ketika tampil ke publik dan datang mengikuti persidangan.  Ujuk-ujuk pakaian yang dikenakan menjadi sangat santun dan tertutup.  Sangat berbeda dengan apa yang sering kita lihat … Kasus ini menjadi santapan media infotainment setiap hari …

Kasus Pencitraan 3 : Seorang C.
C adalah seorang calon anggota legislatif, tingkat kabupaten.  Selama ini C tidak pernah berurusan dengan pihak berwajib.  Rekam jejak C juga bersih.  Tidak ada yang negatif,  Meskipun di sisi lain juga belum ada prestasi yang bisa dikatakan luar biasa.  Biasa saja.  Namun sejak pencalonan dirinya tersebut, C menjadi tergerak lebih banyak dan lebih nyata untuk berbuat sesuatu bagi komunitasnya.  Dia banyak membantu pembangunan di kampungnya.  Dia pun mendanai beberapa kegiatan sosial di lingkungan sekitarnya … Beberapa kali media juga meliput sepak terjangnya ini …

Semua kasus diatas, menurut saya adalah upaya pencitraan …  yaitu suatu rangkaian usaha atau upaya untuk membentuk opini (positif) dari publik khalayak sasaran.

Nah sekarang … Saya kembali ke pertanyaan saya semula .. Pencitraan itu konotasinya positif atau negatif ?

Jawabannya saya kembalikan pada pembaca semua …

Bagaimana menurut pendapat Anda ???

 

Salam saya.

om trainer1

.

.

.

 

 

social network

24 thoughts on “PENCITRAAN

  1. sy rasa dlm setiap diri manusia pengen dianggap (dicitrakan) baik oleh semua org. Skrg balik ty ke diri sendiri dulu perbuatan baik yg dilakukan itu benar2 tulus atau hy sekedar agar terlihat baik ?

    Dan kalaupun kita udah berbuat tulus sekalipun selalu aja ada pihak2 tertentu yg menganggap kt hy melakukan “pencitraan” krn memang gak pernah bs menyenangkan dan menyamaratakan pikiran semua org.

    jd sy juga ikutan gak akan jwb apakah pencitraan itu baik atau buruk, Om. Krn byk faktor :D
    keke naima recently posted..Plus Minus Kurikulum 2013My Profile

  2. seharusnya pencitraan itu adalah baik adanya. tingkat korporat khan ada tuh yg namanya Corporate Image dengan tujuan membuat good image terhadap perusahaan di mata para stakeholder namun sayangnya saat ini sudah brgeser ke negatif…..
    Necky recently posted..Happy Eid….Met Lebaran……My Profile

  3. Pencitraan adalah suatu upaya untuk mendapatkan citra baik/positive tapi entah kenapa umumnya lebih dikenakan pada mereka yang tidak membentuk citra baik/positive semenjak dini jadinya “pencitraan” terkesan negative coba pencitraan baik itu dibentuk sejak dini oleh semua orangs eperti ilustrasi A pasti pencitraan tidak akan mengarah ke negative karena sekarang kalau ada orang yang tiba2 baik pasti diolok “pencitraan ni…” coba kalau terbiasa baik :D

    Kira-kira begitu keknya ya Om, pernah terlintas kok Om dalam benak namun karena tak bisa mengurai dalam kata ya muter-muter gitu doang…
    Pendar Bintang recently posted..Bintang Kecil Membawa PerubahanMy Profile

  4. Tergantung situasi dan kondisi sih, Om..Si A sebetulnya gak pencitraan, dasar orangnya emang baik. Tapi kalau kemurah hatiannya dia pergunakan untuk kampanye politik, namanya jadi pencitraan..Dan efeknya agak negatif..Jadi tergantung situasi dan kondisi apakah pencitraan itu baik atau buruk.

    Ngomong2 aku sudah follow Om di Instagram hehehe..
    Evi recently posted..Melihat Budidaya Jamur TiramMy Profile

  5. Hmmm piye jelasinnya yo Om.. menurut saya sih pencitraan itu dilakukan saat seseorang ingin menggapai sesuatu, macam bakal calon atau ingin menyamarkan aib dia melalui jalan membingkai diri supaya nampak wah.

    Nah, karena istilah “pencitraan” ini sekarang ngetrend, sampai-sampai orang itu latah menyebut apapun yang dilakukan pejabat adalah pencitraan. Hingga sekarang semua yang dilakukan pejabat ora ono benere. Maaf, saya bukan warga Jakarte, tapi menurut saya Jokowi itu bukan pencitraan tapi tauladan dan memang itu yang seharusnya dilakukan seorang pemimpin kepada rakyatnya.. harus mudun nang ngisoran.

    Nah, kalau Jokowi ama Dahlan Iskan dianggap pecitraan. lah yang tauladan itu macam apa lah yaw.?

    Pencitraan mungkin positif Om.. sepanjang yang melihat juga mau turut bergerak seperti apa yang dicitrakan seseorang, juga yang mencitrakan diri mau memperbaiki diri, alias tidak kamuflase aja apa yang dilakukan. Yang gak negatif menurut saya adalah jika ada seorang pejabat yang turun ke rakyat, kita dikit2 bilang jika itu adalah pencitraan.
    lozz akbar recently posted..Indonesia Sudah Lama Merdeka, KawanMy Profile

  6. HIhihihihi….kasus yang B itu sudah jamak, Om. Pokoke nek ono masalah ke pengadilan mestiiiiiii ganti busana :P Dan ini tentu saja sangat njelehi :(

    Memang media punya pengaruh besar dalam hal menjadikan pencitraan itu positif atau justru negatif :(
    chocoVanilla recently posted..Wajah Yu MinahMy Profile

  7. Pencitraan pada dasarnya adalah usaha,pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan oleh individu ataui kelompok dengan tujuan to win the heart and the mind of the people (target) dalam kurun waktu tertentu.
    Pencitraan yang kemasannya kurang rapi bisa berakibat kontra produktif karena dapat dimanfaatkan oleh pihak yang berseberangan.
    Jika 9 dari 10 dari pihak netral bilang:” Alaaaaaaaaaa…paling-paling..” maka konotasi negatif lebih mengemuka.
    (bahasanya dibuat mengambang ha ha ha ha…)

    Salam hangat dari Surabaya
    Pakde Cholik recently posted..Manula Tak Harus RentaMy Profile

  8. Untuk kasus b saya anggap itu adalah pencitraan berkonotasi negatif. Tapi untuk a dan c tidak ada salahnya sejauh sejalan dengan hati dan perbuatannya.
    Apalagi dalam dunia politik a dan c tidak bisa dihindari, siapa saja pasti akan berbuat begitu. Kalau tidak siapa yang akan memilih mereka ? :)

  9. Pencitraan kalau yg dulunya tidak baik trus karena ada “sesuatu hal” entah itu hendak pencalonan jadi pejabat atau tersandung kasus tertentu…, misalnya yg dulu pelit tiba-tiba jadi sosial yang dulu binal jadi agamis ,kalau kedepan-kedepannya atau setelah terpilih atau kasusnya berlalu hal positif ini terus dilakukannya Alhamdulilah pencitraan berhasil dia benar-benar jadi orang baik tapi kalau pencitraan itu dilakukan semata-mata untuk menarik hati publik setelah dia terpilih atau kasusnya menghilang dia kembali menjadi kembali pada dirinya yang dulu….ini namanya pencitraan negatif, hanya diluar saja, topeng saja, setelahnya wajah aslinya muncul…hihihi….
    Misfah recently posted..GELANGMy Profile

  10. Kalau “Citra” konotasinya positif karena datang dari pihak lain, tapi kalau “pencitraan” agak negatif karena kesannya sengaja diciptakan dan biasanya bertolakbelakang dengan kondisi sebenarnya.
    Begitu menurut saya Om.
    marsudiyanto recently posted..J’BlogMy Profile

  11. Om.. Dalam salah satu hadisnya, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa setiap amal itu tergantung niatnya, dan seseorang itu akan mendapatkan sesuai yang diniatkannya. Jika seseorang bersedekah karena ingin mendapatkan pujian dari orang lain, maka ia akan dapatkan pujian itu.

    Dalam hal pencitraan yang dilakukan oleh para pesohor dunia hiburan maupun politik, karena niatnya untuk mendapatkan kesan baik dari masyarakat, tentu saja dia akan mendapatkannya, terlepas dari tulus atau tidak niatnya tersebut. Hanya saja, kita sebagai penonton, tentu memiliki “mata hati” untuk menilai itu semua.. Dan biasanya, itu akan jujur terasa di hati.. :)
    vizon recently posted..jam berapa sekarang?My Profile

  12. Menurut kesederhaann pemikiran saya, pencitraan itu negatif karena secara tidak langsung memiliki hidden agenda atau motif tertentu.

    Yang terbaik adalah membangun citra positif yang dilandasi niat & ketulusan hati, tanpa ada motif tersembunyi. Jadi menurut saya, pencitraan dan membangun citra adalah 2 hal yg berbeda.

    Salam hangat, Ompakmas.
    Emanuel Setio Dewo recently posted..Tidur SeperjalananMy Profile

  13. Pencitraan, sepertinya merupakan upaya untuk mencapai gambaran positif terhadap masyarakat ya, Om. Sisi positifnya tentu saja ini salah satu cara mengiklankan diri. Mereka yang sedang mencitrakan diri itu ingin lebih dikenal (sebagai orang baik).
    Sisi negatifnya adalah semua terkesan palsu dan mengada-ada.
    Yang lucu, saya pernah baca di koran, tulisan tentang salah satu calon kepala daerah di daerah saya. Kalau tidak salah judulnya “Menyembunyikan Kedermawanannya”. Saya pikir, kalau sudah ditulis seperti itu, apa yang disembunyikan lagi?? *geleng2kepala
    Kakaakin recently posted..Coretan PenyemangatMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge